Apa saja hambatan dalam pemungutan pajak ?

Berikut ini adalah pertanyaan dari Sabbrinaa7201 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa saja hambatan dalam pemungutan pajak ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perlawanan terhadap pajak atau penghindaran pajak merupakan hambatan-hambatan yang kerap terjadi sewaktu pemungutan pajak sehingga menyebabkan berkurangnya pada penerimaan kas negara. Perlawanan terhadap pajak terdiri dari perlawanan pasif dan perlawanan aktif.

PEMBAHASAN

Hambatan-hambatan berasal dari struktur ekonomi, teknik pemungutan pajak itu sendiri dan perkembangan moral dan intelektual penduduk.

  1. Struktur Ekonomi.
  2. Perkembangan Intelektual dan Moral Penduduk.
  3. Cara Hidup Masyarakat di Suatu Negara.
  4. Teknik Pemungutan Pajak Itu Sendiri.

Perlawanan terhadap pajak atau penghindaran pajak merupakan hambatan-hambatan yang kerap terjadi sewaktu pemungutan pajak sehingga menyebabkan berkurangnya pada penerimaan kas negara. Perlawanan pada pajak sendiri terdiri dari 2 perlawanan yaitu perlawanan aktif dan perlawanan pasif.

  1. Perlawanan pasif terhadap pajak. Perlawanan yang atas kesadaran bukan dari wajib pajak itu sendiri tetapi terjadi karena keadaan yang ada di sekitar wajib pajak itu.
  2. Perlawanan aktif terhadap pajak. Perlawanan aktif adalah perlawanan atas kesadaran uag berasal dari wajib pajak itu sendiri.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai hambatan pajak yomemimo.com/tugas/14306019

#BelajarBersamaBrainly & #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 01 Sep 22