Langkah dalam pembangunan menengah ekonomi indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari ayurai6308 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Langkah dalam pembangunan menengah ekonomi indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Membangun Jalan-Jalan Yang Rusak

Ada banyak jalanan yang rusak di masing-masing daerah, apalagi bagi daerah yang masih terpencil. Kebanyakan faktor non ekonomi yang mempengaruhi pembangunan biasanya akan digunakan untuk bisa mendapatkan pembangunan yang terarah dan lebih efesien. Pembangunan ekonomi daerah di sektor jalan ini merupakan sebuah hal yang vital. Karena, jalan merupakan akses bagi banyak orang untuk bisa berpergian. Tanpa adanya jalan yang memadai, maka sebuah daerah akan terkendala dalam pembangunan lainnya.

2. Membangun Sarana Peminjaman

Adanya badan keuangan yang bisa menyokong banyak aktifitas simpan pinjam di sebuah daerah akan membuat perekonomian rakyat menajdi lebih baik. Jadi, sangat disarankan untuk Mengupayakan pembangunan yang terkontrol seperti contoh pembangunan ekonomi daerah lainnya. Karena kebanyakan daerah masih belum memiliki support untuk media keuangan yang layak digunakan tanpa harus khwatir dan bepergian jauh hanya untuk memperbaiki perekonomian keluarga mereka.

3. Membangun Sumber Daya Air Yang Bersih

Menggalakkan sebuah mata air bersih untuk digunakan oleh masyarakat adalah hal yang wajar dalam pembangunan ekonomi daerah. Karena masyarakat layak mendapatkan sumber air bersih untuk makan, minum dan mandi serta aktifitas lainnya. jadi, mendirikan PAM adalah salah satu alternatif untuk penyediaan air bersih yang dibutuhkan oleh setiap masyarakat yang ada. Dan tentunya ini masuk ke dalam daftar di dalam pembangunan daerah.

4. Menyiapkan dan Menambah Lapangan Kerja

Ada banyak jenis lapangan kerja yang bisa dibangun dan di siapkan dalam pembangunan ekonomi tersebut. Misalnya saja untuk menambahkan semua hal yang berkaitan dengan lahan-lahan perkebunan dan pertanian, dimana masyarakat bisa ikut serta sebagai pekerja di sana. Dengan adanya lapangan kerja tersebut, maka boleh dikatakan pembangunan daerah akan berjalan dan dirumuskan dnegan baik oleh pejabatnya.

4. Penyediaan Fasilitas Untuk Komunikasi

Misalnya saja memperbaiki dan melestarikan menara jaringan seluler agar masyarakat di daerah bisa menggunakannya dnegan baik. Dan ini juga bisa menajdi salah satu upaya agar kita bisa membantu dalam melancarkan komunikasi antar masyarakat agar tidak ada lagi masyarakat yang sulit meraih sebuah kabar. Dan juga menderikan layanan telepon umum juga termasuk ke dalam poin penting yang satu ini.

5. Melakukan Penyuluhan SDM

Ada banyak sekali SDM yang belum terasah dalam sebuah daerah. jadi, diperlukan sebuah pelatihan dan penyuluhan secara menyeluruh agar nantinya kita bisa mendapatkan SDM dengan kamampuan terbaik untuk mengelola dan meningkatkan SDA yang ada di setiap daerah. Untuk itu, sangat diperlukan koordinasi di semua bagian penjabat daerah agar terciptanya sebuah kolerasi yang maksimal.

6. Penyediaan Alat Membersihkan Lingkungan dan penghijauan

Sangat diperlukan lingkungan yang bersanitasi baik di sebuah daerah. Ini juga termasuk ke dalam sbeuah penghijauan yang juga sangat perlu agar daerah tersebut terjaga dan tidak terjangkit banyak masalah yang membahayakan. Dengan perbaikan sanitasi sebagai salah satu angenda di dalam pembangunan ekonomi daerah maka masyarakat akan merasakan dampak positif dari hal tersebut. Seperti berkurangnya penyakit dna hal lainnya.

7. Mendirikan Layanan Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu hal yang penting, Jadi, sangat diprioritaskan di sebuah daerah ada pelayanan kesehatan seperti posyandu maupun puskesmas. Agar masyarakat tetap mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus pergi jauh-jauh dan kesulitan mendapatkan akses kesehatan.

Demikianlah 7 contoh pembangunan ekonomi daerah yang mungkin penah dan sedang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Seperti ciri-ciri pembangunan ekonomi modern di Setiap negara berkembang

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh majestyonahuway72 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 10 Jul 22