Bagaimana cara merancang sumber daya yang di butuhkan ?​

Berikut ini adalah pertanyaan dari sinagaseptika pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana cara merancang sumber daya yang di butuhkan ?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban

Pendahuluan

Sumber daya usaha adalah Sumber daya yang dimiliki perusahaan

Pembahasan

Sumber daya usaha dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M),

1) Man ( Manusia ) dimana manusia merupakan salah satu faktor produksi disamping tanah, modal, dan keterampilan. Manusia adalah unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

2) Money ( Uang ) adalah salah alat tukar dan alat pengukur nilai.

3) Material ( Fisik ), perusahaan berusaha agar dapat memperoleh bahan mentah dengan harga yang termurah dengan menggunakan pengangkutan yang murah dan aman

4) Machine ( Teknologi ), banyak perkerjaan manusia yang dapat digantikan ataupun dibantu oleh mesin.

5) Method ( Metode ), Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi ataupun administrasi memerlukan waktu yang cukup lama.

6) Market ( Pasar ), Pemasaran produk mempunyai peranan yang sangat penting karena apabila barang yang diproduksi tidak laku di pasaran, proses produksi barang akan berhenti.

Kesimpulan

Maka cara menentukan sumber daya yang dibutuhkan dalam melaksanakan sebuah usaha sendiri adalah terlebih dulu menganalisis 6 M tadi dengan mempertanyakan apa yang sudah ada, apa yang belum ada dan apa yang harus dikembangkan dari yang sudah ada tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rafaeltampubolon2018 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 17 Jun 21