1 Karakter itu dapat kita kategorikan dalam tiga komponen yaitu

Berikut ini adalah pertanyaan dari cahyanidelirandry pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Karakter itu dapat kita kategorikan dalam tiga komponen yaitu komponen afektif, komponenkognitif, dan komponen konatif. Kemukakanlah motif sosiogenis sebagai kategori komponen
afektif!
10
2 Sejauh ini para peneliti telah menemukan bahwa dugaan sikap akan tergantung dari cara sikap
itu dibentuk, diukur, dan dialami. Uraikan maksud dari perilaku spesifik dalam keterkaitan antara
sikap yang dapat sesuai perilaku dan berikan contohnya!
20
3 Terdapat tiga bentuk pengaruh sosial, yaitu (1) konformitas, (2) kepatuhan dan (3) kekuasaan
(power). Kemukakan bentuk konformitas dalam pengaruh sosial dan berikan contohnya!
30
4 Analisislah aspek kognitif yang timbul sebagai salah satu efek pesan media massa terhadap
individu!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Karena manusia makhluk sosial, dari proses sosialia memperoleh beberapakarakteristikyang mempengaruhiperilakunya. Kita dapat mengklasifikasinya ke dalam tiga komponen yaitu, komponen afektif, komponen kognitif, dan komponen konatif. Komponen afektif merupakan aspek emosional dari faktor sosiopsikologis. Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang berkaitan dengan apa yang diketahui manusia. Komponen konatif adalah aspek volisional yang berhubungan dengan kebiasaan dan kemauan bertindak. Komponen afektif terdiri dari motif sosiogenis, sikap dan emosi.

Pembahasan

1. Komponen afektif merupakan aspek emosional dari faktor sosiopsikologis. Komponen afektif terdiri dari motif sosiogenis, sikap dan emosi.

• Motif Sosiogenis

Motif sosiogenis sering disebut juga motif sekunder sebagai lawan motif primer (motif biologis). Peranannya dalam membentuk perilaku sosial bahkan sangat menentukan.  Secara singkat, motif-motif sosiogenis diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Motif ingin tahu. Mengerti menata dan menduga.

b. Motif kompetensi. Setiap orang ingin membuktikan bahwa ia mampu mengatasi persoalan kehidupan apapun.

c. Motif cinta. Sanggup mencintai dan dicintai adalah hal esensial bagi pertumbuhan kepribadian

d. Motif harga diri dan kebutuhan untuk mencari identitas. Erat kaitannya dengan kebutuhan untuk memperlihatkan kemampuan dan memperoleh kasih sayang.

e. Kebutuhan akan nilai, kedambaan dan makna kehidupan

f. Kebutuhan akan pemenuhan diri

2. Semakin spesifik atau khusus satu sikap terhadap perilaku maka akan semakin baik dalam memperkirakan perilaku yang terkait. Contoh: Sikap terhadap pola hidup sehat dengan banyak memakan sayur dan buah (bukan sikap terhadap program food combining) dapat meramalkan tingkat konsumsi buah dan sayuran setiap harinya.

3. Konformitas adalah suatu jenis pengaruh sosial ketika seseorang mengubah sikap dan tingkah laku mereka agar sesuai dengan norma kelompok yang ada. Beberapa contoh dari konfomitas adalah ketika menengok orang sakit, orang akan membawakan buah atau makanan lainnya. Contoh lain dari konformitas adalah ketika seorang remaja berpakaian dengan gaya tertentu karena dia ingin menyesuaikan diri dengan orang-orang lain dalam kelompok sosialnya.

4.  Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang berkaitan dengan apa yang diketahui manusia. Aspek kognitif efek media berhubungan dengan informasi yang disampaikan mengenai orang, benda, lokasi, maupun hal-hal yang ditampilkan. Dengan kata lain, pesan media menambah pengetahuan dan pikiran manusia mengenai hal-hal yang disampaikan. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak jelas menjadi sangat jelas.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi karakter dan sikap pada yomemimo.com/tugas/51502830

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Sep 22