Perbedaan riset hubungan dan riset pengaruh

Berikut ini adalah pertanyaan dari appleidmember1035 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Perbedaan riset hubungan dan riset pengaruh

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Perbedaan Antara Hubungan dengan Pengaruh

Secara teori hubungan adalah mengukur derajat keeratan (korelasi) antara dua variabel baik yang sudah jelas secara literatur berhubungan atau sesuatu masalah yang akan diteliti. Namun analisis hubungan tidak menjelaskan arah hubungan dengan landasan teori baku. Sedangkan analisis pengaruh meneliti pola kausalitas atau fungsi sebab akibat dari sebuah variabel atau lebih terhadap variabel lain berlandaskan teori tertentu. Dengan kata lain, terdapat variabel yang secara teoritik mempengaruhi (independent variabel) kemudian melihat efek dari variabel tersebut terhadap variabel lain yang dipengaruhi (dependent variabel).

Dalam statistika, metode yang paling cocok untuk mengukur hubungan adalah korelasi. Sedangkan metode yang paling umum untuk mengukur pengaruh adalah analisis regresi (regression analysis), atau analisis jalur (path analysis) dan variannya seperti cross-section, time series, panel data dan lainnya (tergantung dari skala data pada variabel dependen dan variabel independen). Sebagai contoh jika skala data pada variabel dependennya adalah kategorik, sedangkan skala data variabel independennya adalah numerik, maka statistika yang digunakan untuk mengukur pengaruh adalah analisis varians.

Berdasarkan konsep statistika, analisis korelasi atau hubungan untuk mengukur tingkat hubungan kedua variabel penelitian adalah bersifat tetap atau fix, baik variabel Y maupun variabel X. Sedangkan pada analisis regresi, variabel independen adalah fix, karena digunakan untuk mengukur respon terhadap variabel dependen yang random.

semoga membantu

jangan lupa follow ya...

maaf kalo salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh keisyachairandy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Jun 21