Sebutkan dan jelaskan empat hal yang menjadi tolak ukur terjadi

Berikut ini adalah pertanyaan dari By18 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan dan jelaskan empat hal yang menjadi tolak ukur terjadi perubahan struktural di masyarakat​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Empat hal yang menjadi tolak ukur terjadinya perubahan struktural di masyarakat ialah:

  1. Melakukan hubungan dengan kebudayaan lain
  2. Sikap terbuka atau toleransi terhadap perbedaan
  3. Kemajuan teknologi atau penemuan teknologi terbaru
  4. Ketidakpuasan terhadap kondisi yang sedang dialami

Pembahasan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada berbagai lembaga kemasyarakatan, perubahan tersebut mempengaruhi sistem sosial masyarakat, yang di dalamnya mempengaruhi nilai-nilai, sikap, pola kehidupan, perilkau di antara kelompok masyarakat. Perubahan sosial juga dapat terjadi disebabkan karena gerakan ideologis, ekonomi dan politik.

Kemudian struktural sendiri yaitu hal yang berkenaan dengan struktur. Lahir dan keberadaan struktur itu sendiri merupakan hal yang disusun dan dibangun secara terstruktur. Kesimpulannya ialah berarti bahwa perubahan struktural masyarakat ialah perubahan yang ada pada susunan atau bangunan kehidupan sosial. Perubahannya itu menyebabkan reorganisasi atau restrukturisasi (membuat atau membuat struktur baru) pada kehidupan sosial.

Fungsi Struktur Sosial di Masyarakat:

  • Sebagai pengawas sosial Kehidupan bermasyarakat biasanya memiliki norma-norma atau nilai dan peraturan yang berlaku. Dengan adanya struktur sosial di masyarakat maka akan mudah untuk mengontrol kehidupan masyarakat.
  • Sebagai identitas kelompok masyarakat Maksudnya ialah bahwa struktur sosial dapat menjadikan suatu kelompok masyarakat mempunyai identitas dan mengenal siapa mereka sehingga dapat melihat ciri khas dalam karakteristiknya yang berbeda dengan kelompok lainnya.  
  • Wadah untuk menanamkan disiplin sosial pada kelompok masyarakat.

Ciri-ciri struktur sosial:

  • Senantiasa berkembang dan dapat berubah kapan saja. Fungsi struktur sosial yang beragam, dan terdiri dari kelompok sosial, akan selalu mengalami perubahan. Misalnya pada kelas sosial. Adanya perubahan individu dari kelas sosial satu ke kelas sosial yang lainnya menjadi hal lumrah pada kelompok masyarakat.
  • Meliputi kebudayaan dalam masyarakat. Struktur sosial dipandang sebagai suatu unsur yang selalu hadir pada hubungan sosial antar manusia. Seiring perkembangannya, manusia menciptakan hubungan sosial yang meliputi perilaku, rasa dan kepercayaan dalam kebudayaan mereka.
  • Membentuk kesatuan kelompok. Dalam struktur sosial masyarakat, individu-individu digolongkan sebagai bagian terkecil dalam masyarakat. Setiap individu kemudian membentuk kelompok-kelompok sosial berdasarkan kesamaan ciri, minat dan karakteristiknya.
  • Memiliki dimensi vertikal dan horizontal. Kelompok sosial dalam struktur sosial memiliki berbagai dimensi. Jika berada di posisi vertikal atau stratifikasi sosial, mereka tidak pernah setara. Sedangkan jika berada di posisi horizontal atau diferensiasi sosial, mereka dianggap sama atau setara.

Karakteristik perubahan struktural masyarakat:

  • Perubahan struktural terjadi berdasarkan karakteristik masyarakat yang senantiasa berkembang, terjadinya perubahan politik atau adanya perubahan nilai pada masyarakat.
  • Selalu membentuk sistem yang menunjukkan adanya ‘menang’ dan ‘kalah’.
  • Perubahan struktural dilakukan untuk memperbaiki berbagai kebijakan pemerintah yang ada sebelumnya dan dianggap sudah tidak relevan lagi.  
  • Perubahan struktural yang terjadi secara terus menerus maka dapat dimungkinkan terjadinya kekerasan atau ketidak stabilan masyarakat.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian perubahan sosial yomemimo.com/tugas/39049867
  2. Materi tentang syarat terjadinya interaksi sosial yomemimo.com/tugas/14242810
  3. Materi tentang perubahan budaya yomemimo.com/tugas/25168970

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: 1 – Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Kode: 11.20.1

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 17 Jul 21