Mengapa ramalan ekonomi yang lebih akurat akan mempermudah para pembuat kebijakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari alfiamgrl pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mengapa ramalan ekonomi yang lebih akurat akan mempermudah para pembuatkebijakan dalam menstabilkan perekonomian? Jelaskan cara yang digunakan para
ekonom untuk meramalkan perkembangan perekonomian regional, nasional dan
global?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Ramalan ekonomi dapat digunakan pemerintah sebagai bagian perencanaan untuk masa depan. Sebagai contoh, pemerintah mungkin akan tertarik dengan pertumbuhan ditahun depan untuk memperkirakan kondisi ekonomi kedepan. Jika pertumbuhan ekonomi pada tahun depan terkontraksi, permintaan rumah tangga akan melemah lalu konsumen akan mengurangi belanja dan akan lebih banyak menabung. Oleh karena itu, manajemen akan memasang target pesimis.

Keberhasilan jangka panjang terkait dengan seberapa baik manajemen kemampuan meramalkan kondisi di masa depan. Dengan ini, mereka dapat mengembangkan strategi yang sangat tepat untuk menghadapi ancaman dan mengeksploitasi peluang masa depan.

Pembahasan :

Ramalan ekonomi adalah informasi penting dalam mengelola perusahaan apapun.

Variabel yang sering dilihat oleh para ekonom dalam meramalkan kondisi perekonomian adalah pertumbuhan ekonomi, suku bunga, tingkat inflasi, dan nilai tukar.

Para ahli melihat pertumbuhan ekonomi mempengaruhi lapangan kerja dan pendapatan rumah tangga yang pada akhirnya mempengaruhi permintaan terhadap barang dan jasa.

Suku bunga mempengaruhi biaya dalam mengumpulkan dana. Saat suka bunga tinggi, pemerintah menanggung  biaya dana yang lebih mahal saat menerbitkan surat utang

Inflasi yang tinggi akan melemahkan daya beli rumah tangga. Harga barang dan jasa di dalam perekonomian naik. Rumah tangga mendapatkan lebih sedikit barang untuk nominal uang yang sama.

Lalu, nilai tukar mempengaruhi harga barang ekspor dan impor. Depresiasi mata iuang domestik membuat impor bahan baku dan barang modal akan menjadi lebih mahal, dan meningkatkan biaya produksi

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi kondisi perekonomian yomemimo.com/tugas/6377645

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 09 Sep 22