Bantuan ..- Jelaskan perbedaan syarat penyerahan barang franko gudang pembeli

Berikut ini adalah pertanyaan dari bayuanandaar pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bantuan ..- Jelaskan perbedaan syarat penyerahan barang franko gudang pembeli dengan franko gudang penjual!
- Jelaskan bukti transaksi yang sering digunakan dalam perusahaan dagang!
- Tuliskan akun-akun yang hanya ada pada perusahaan dagang dan tidak ada pada perusahaan jasa!
- Jelaskan perbedaan jurnal khusus penjualan dengan jumal khusus pembelian!
- Jelaskan perbedaan jurnal khusus pengeluaran kas dengan jurnal khusus penerimaan kas!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

  1. Franko gudang pembeli merupakan syarat penyerahan barang di mana kepemilikan barang akan beralih dari penjual kepada pembeli saat barang tiba digudang pembeli, segala biaya transportasi  dan risiko perjalanan barang ditanggung oleh penjual. sedangkan franko gudang penjual merupakan syarat penyerahan di mana kepemilikan barang dagangan akan beralih dari penjual kepada pembeli saat barang tersebut dikirim dari gudang penjual ke perusahaan ekspedisi, segala biaya dan risiko ditanggung oleh pembeli.
  2. bukti transaksi yang sering digunakan dalam perusahaan dagang: faktur, kuitansi, nota kontan, nota debit, nota kredit.
  3. akun-akun yang hanya ada di perusahaan dagang: pembelian, retur pembelian, potongan pembelian, beban angkut pembelian, penjualan, potongan  penjualan, beban angkut penjualan, persediaan barang dagangan, harga pokok penjualan.
  4. jurnal khusus penjualan adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit. sedangkan jurnal khusus pembelian merupakan jurnal yang digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit.
  5. jurnal pengeluaran kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi pengeluaran kas. jurnal khusus penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencata seluruh transaksi penerimaan kas.

Penjelasan:

mohon maaf jika salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vee9926 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 09 Jul 21