Ilustrasi Kasus 1 Talitha adalah seorang lulusan desain interior yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari ivanrivaldo71 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ilustrasi Kasus 1 Talitha adalah seorang lulusan desain interior yang berumur 22 tahun. Setelah lulus, Talitha bersiap merintis karirnya. Tapi sayangnya ia tidak mempunyai minat untuk bekerja di perusahaan besar. Ia lebih tertarik memulai bisnis sendiri di bidang desain furniture, namun ia kurang pandai dalam urusan bisnis dan pasti membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulai semua itu. Beruntungnya ia mempunyai 2 orang teman yang memiliki modal cukup dan kemampuan bisnis yang baik. Bentuk usaha apa yang kalian sarankan untuk situasi yang Talitha hadapi? Berikan alasanmu! Jenis usaha yang disarankan Alasan​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bentuk usaha yang di sarankan untuk situasi yang Talitha hadapi adalah membentuk sebuah Perseroan Terbatas (PT) dimana akan dibuat kesepakatan ke dalam sebuah akta PT yang di dalamnya terdiri dari penyetor modal dan pemangku jabatan dengan masing-masing tanggung jawabnya serta porsi kepemilikan dalam bentuk saham.

Dalam kasus di atas, sebaiknya Talitha dijadikan sebagai Direktur Operasional sedangkan 2 orang temannya dijadikan Komisaris 1 dan 2 atau satu sebagai Direktur dan satunya sebagai Komisaris tergantung dari besarnya setoran modal dari masing-masing teman tersebut dan juga keahliannya. Talitha akan bekerja dengan diberi gaji bulanan layaknya seperti seorang Direktur. Selanjutnya ketiga pihak harus mengadakan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) untuk menentukan porsi kepemilikan saham besaran gaji dari masing-masing pemegang saham/pemangku jabatan.

Saran saya karena Talitha tidak akan menyertakan modal dalam perusahaan kemungkinan kepemilikan Talitha di PT tersebut berada di kisaran 10 sampai dengan 20 persen. Selebihnya akan dibagi di antara kedua teman Talitha sesuai dengan persentase penanaman modal masing-masing. Untuk teman yang penyetorkan modal lebih besar maka persentase kepemilikan saham diperusahaannya akan otomatis lebih besar. Dengan demikian akan dibuat secara proporsional dari menanaman modal mereka.

Dengan dibentuknya PT ini maka masing-masing pihak secara jelas dan terukur dengan landasan kesepakatan yang ditandatangani bersama dan disahkan di depan seorang notaris resmi dimana aturan-aturan mainnya dapat dieksekusi secara transparan dan bertanggung jawab.      

Pembahasan

Perseroan Terbatas (PT)merupakan sebuah badan usaha yang dibentuk dari penyertaan modal dari satu atau lebih investor yang besar kepemilikannya dibagi dalam bentuk saham yang besarnya tergantung dari kesepakatan dan besaran modal yang disertakan oleh masing-masing investor atau pemangku jabatan dalam sebuahRapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Ciri-ciri sebuah Perseroan Terbatas adalah sebagai berikut:

  • Pendirian PT semata-mata adalah untuk mencari keuntungan.
  • Perseroan Terbatas memiliki manfaat ekonomi dan komersial.
  • Secara finansial, Perseroan Terbatas pada umumnya dibentuk atas dasar saham-saham dan obligasi.
  • Perseroan Terbatas yang dimiliki sepenuhnya oleh swasta tidak dapat memperoleh fasilitas dari negara.
  • Kekuasaan tertinggi sebuah Perseroan Terbatas ditentukan sepenuhnya dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
  • Tanggung jawab dari masing-masing pemilik saham dan pemangku jabatan pada umumnya disesuaikan dengan besarnya saham dan modal yang disepakati.
  • Keuntungan PT pada umumnya dibagikan dalam bentuk dividen yang besarnya disepakati di RUPS oleh masing-masing pemegang saham.
  • Dalam menjalankan aktivisas usaha sehari-hari, sebuah Perseroan Terbatas dipimpin oleh seorang direksi sebagai pemangku jabatan tertinggi secara operasional.

Penjelasan lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Perseroan Terbatas (PT) yomemimo.com/tugas/1967415

Pelajari lebih lanjut tentang Perseroan Terbatas (PT) yomemimo.com/tugas/6356965

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 18 Oct 22