Bank Indonesia selaku bank sentral memegang peranan penting dalam menjalankan

Berikut ini adalah pertanyaan dari januariussaliguma pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bank Indonesia selaku bank sentral memegang peranan penting dalam menjalankan fungsinya sebagai otoritas moneter yaitu mengatur tinggi-rendahnya tingkat suku bunga acuan perbankan, sehingga pada ahirnya kebijakan yang di ambil bank sentral tersebut dapat berdampak positif terhadap progress pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Berdasar pada teori permintaan dan penawaran uang, jawablah pertanyaan dibawah ini:a. Suku bunga naik dan dampaknya terhadap permintaan dan penawaran uang kreditur dan debitur serta perekonomian dalam jangka pendek? b. Suku bunga turun dan dampakanya terhadap permintaan/peawaran uang dari kreditur dan debitur serta perekonomian dalam jangka pendek?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu otoritas moneter yang dimiliki Bank Indonesia (BI) adalah mengatur tinggi dan rendah tingkat suku bunga acuan perbankan. Suku bunga acuan ini disebut juga BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI-7DRRR). Adapun dampaknya:

  1. Kenaikan suku bunga acuan akan diikuti kenaikan suku bunga kredit. Kondisi ini membuat laju perputaran uang di masyarakat tertekan, sebab permintaan kredit akan menurun. Pada akhirnya menahan kenaikan inflasi.
  2. Penurunan suku bunga acuan akan diikuti dengan penurunan suku bunga kredit. Kebijakan ini akan memperbanyak peredaran uang di masyarakat dan meningkatkan keinginan melakukan kredit.

Pembahasan

BI-7DRRR adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh BI setiap satu bulan sekali melihat kondisi perekonomian Indonesia. Suku bunga ini menjadi acuan bagi lembaga keuangan dan masyarakat dalam melakukan aktivitas atau menggunakan jasa moneter.

Sederhananya, saat suku bunga acuan BI mengalami kenaikan atau penurunan maka suku bunga kredit akan terus mengekor. Juga akan diikuti oleh kebijakan suku bunga deposit facility, suku bunga lending facility dan biasanya giro wajib minimum (GWM).

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat suku bunga yomemimo.com/tugas/15319720

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 29 Aug 22