Menurut pendapat kalian Apa yang melatarbelakangi terjadinya perdagangan Indonesia dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari putryzay6 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Menurut pendapat kalian Apa yang melatarbelakangi terjadinya perdagangan Indonesia dan Korea Selatan tersebut .gays minta bantuannya ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Home Ekonomi Berita Bisnis

RI dan Korea Selatan Resmi Jalin Perdagangan Bebas

CNN Indonesia

Jumat, 18/12/2020 11:30

Perjanjian IK-CEPA antara Indonesia dan Korea Selatan resmi ditandatangani oleh Menteri Perdagangan kedua negara.

Perjanjian IK-CEPA antara Indonesia dan Korea Selatan resmi ditandatangani oleh Menteri Perdagangan kedua negara.(ANTARA/ Youtube).

Jakarta, CNN Indonesia -- Perjanjian Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) antara Indonesia dan Korea Selatan resmi ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi (MOTIE) Korea Selatan Sung Yun-mo.

Agus menyatakan penandatanganan IK-CEPA merupakan komitmen Indonesia dan Korea Selatan untuk mempererat hubungan ekonomi di tengah gejolak perekonomian dan pandemi covid-19. Ia berharap, IK-CEPA dapat membantu pemulihan ekonomi Indonesia lebih cepat.

"Saya percaya IK-CEPA akan membawa ekonomi Indonesia menjadi lebih kuat, berdaya saing, terbuka, dan semakin menarik bagi investor Korea Selatan dengan menjadikan Indonesia sebagai production hub untuk memasuki pasar kawasan dan dunia," ungkap Agus dalam acara penandatanganan IK-CEPA, Jumat (18/12).

Lihat juga:RI-Korsel Teken 3 Perjanjian, Salah Satunya Soal Bebas Visa

Ia bilang perjanjian IK-CEPA mencakup perdagangan barang yang meliputi elemen penurunan atau penghapusan tarif, ketentuan asal barang, prosedur kepabeanan, fasilitas perdagangan, perdagangan jasa, investasi jasa, kerja sama ekonomi, serta pengaturan kelembagaan.

"Pada perdagangan barang, Korea Selatan akan mengeliminasi hingga 95,54 persen pos tarifnya, sementara Indonesia mengeliminasi 92,06 persen pos tarifnya," kata Agus.

Ia merinci beberapa produk Indonesia yang tarifnya dieliminasi oleh Korea Selatan adalah bahan baku minyak pelumas, stearic acid, pakaian, blackboard, buah-buahan kering, dan rumput laut. Lalu, Indonesia akan mengeliminasi tarif untuk beberapa produk Korea Selatan, seperti gear box of vehicle, ball bearings, paving, hearth, unglazed.

Lihat juga:RI- Korea Selatan Selesaikan Perundingan Perdagangan Bebas

Selanjutnya, Agus menyatakan Indonesia juga akan memberikan preferensi tarif untuk memberikan fasilitas investasi kepada Korea Selatan di Indonesia untuk 0,96 persen pos tarif sebesar US$254,69 juta. Angka itu setara dengan 2,96 persen dari total impor Indonesia dari Korea Selatan.

Sebagai informasi, perundingan perjanjian IK-CEPA telah dimulai sejak 2012 lalu. Perundingan sebelumnya sempat terhenti karena ada perubahan struktur di pemerintahan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh novivivi280 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 08 Jun 21