3 Persoalan Freeport di Papua yang sampai saat ini belum

Berikut ini adalah pertanyaan dari marsabustami pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3 Persoalan Freeport di Papua yang sampai saat ini belum terselesaikan, merupakan skandal besaryang menyeret banyak pejabat sebagai pelaku kecurangan. Pada tahun 2015 Ketua DPR RI Setya
Novanto dilaporkan ke MK oleh Menteri ESDM karena dituduh meminta bagian saham dari Freeport
dan kemudian pemerintah memberhentikan Setya Novanto dari jawabatannya.
Dari kasus diatas, berdasarkan tipe konflik horizontal, apakah tindakan yang dilakukan oleh
pemerintah dengan memberhentikan Setya Novanto sudah tepat? Kemukakan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Konflik horizontal yang terjadi pada kasus Setya Novanto terkait kasus minta saham pada perusahaan emas Freeport Papua berujung pada pemberhentian dari ketua DPR merupakan keputusan yang tepat. Karena bila tidak segera dilakukan tindak lanjut dari kasus tersebut dikhawatirkan akan terjadi krisis kepercayaan kepada pemerintah.

Pembahasan :

Konflik horizontal adalah konflik yang terjadi pada pada kelas sosial yang sama, dapat terjadi pada antar individu maupun sekelompok orang tertentu dengan kedudukan yang sama. Misalnya, tawuran antar pelajar. Status sosial yang berkonflik adalah sama.

Pada kasus Setya Novanto keputusan untuk memberhentikan dari DPR adalah keputusan yang tepat, mengingat karena ulahnya kemungkinan rakyat akan kehilangan kepercayaan kepada pemerintah. Namun sebelum diberhentikan dari DPR, Setya Novanto secara sukarela mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua DPR kala itu.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang pengertian konflik horizontal dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/3187853

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Sep 22