sebutkan dan jelaskan 4 fungsi dari sistem keuangan ??​

Berikut ini adalah pertanyaan dari syafiatul3 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan dan jelaskan 4 fungsi dari sistem keuangan ??​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Fungsi dari sistem keuangan antara lain ada 7, 4 diantaranya yaitu:

  1. Fungsi tabungan atau savings function, Fungsi tabungan pada sistem keuangan ini untuk meningkatkan kemungkinan bahwa barang dan jasa bisa diproduksi lebih banyak. Kemudian Dampak yang paling besarnya yakni bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dan sistem keuangan negara bisa tetap stabil.
  2. Fungsi kekayaan atau wealth function, Fungsi kekayaan pada sistem keuangan ini untuk menyimpan kekayaan dengan cara menahan aset yang dimiliki dan akan dikeluarkan jika benar-benar dibutuhkan untuk dibelanjakan.
  3. Fungsi likuiditas atau liquidity function, Fungsi likuiditas pada sistem keuangan menyimpan kekayaan dengan cara dikonversikan menjadi kas ataupun uang tunai yang memiliki resiko kecil
  4. Fungsi kredit atau credit function, Fungsi kredit pada sistem keuangan bisa digunakan untuk membiayai konsumen dan investasi baik perorangan maupun para pengusaha yang membutuhkan fasilitas kredit.

Pembahasan

3 lainnya dari fungsi dari sistem keuangan antara lain:

  1. Fungsi pembayaran atau payment function, Fungsi pembayaran pada sistem keuangan ini memudahkan dalam  proses pembayaran dari transaksi barang atau jasa.
  2. Fungsi risiko atau risk function, Fungsi risiko pada sistem keuangan dapat digunakan untuk proteksi jiwa, harta maupun resiko kerugian baik untuk perorangan maupun semua unit usaha termasuk lembaga pemerintahan.
  3. Fungsi Kebijakan atau policy function, Fungsi Kebijakan pada sistem keuangan guna untuk melakukan kebaikan demi menstabilkan perekonomian negara karena akan mengurangi kemungkinan terjadinya inflasi.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang perbedaan sistem barter dengan sistem uang barang

yomemimo.com/tugas/3123763

2. Materi tentang kekurangan sistem uang tanda

yomemimo.com/tugas/804341

3. Materi tentang fungsi sistem keuangan

yomemimo.com/tugas/14173066

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 6 - Konsep Manajemen

Kode: 10.12.6

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh zhella2108 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 15 Jul 21