apakah yang menyebabkan seorang pekerja mendapatkan upah yang rendah?

Berikut ini adalah pertanyaan dari muthiachairina pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apakah yang menyebabkan seorang pekerja mendapatkan upah yang rendah?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas : XI
Kategori : Pengupahan
Kata Kunci : Rendahnya Sistem Upah
Pembahasan :
A. Penyebab Upah Rendah dari Aspek Intern Pekerja
1. Faktor lamanya masa kerja -yang atas dasar pengalaman kerja (experience)-, mempengaruhi perkembangan skill secara empirik (autodidak); pekerja dengan upah yang rendah terjadi karena masa kerja yang belum lama dan belum memiliki pengalaman bekerja di tempat lain.

2. Faktor profesionalisme, keterampilan dan kecakapan serta kemahiran dalam melakukan pekerjaan. Upah yang rendah terjadi karena kurangnnya profesionalitas pekerja terhadap pekerjaannya. Ketrampilan yang kurang terhadap tempat kerja yang digeluti dan kurangnya kecakapan berkomunikasi dengan rekan kerja dapat menyebkan upah pekerja rendah.

3. Tinggi-rendahnya produktivitas, atau besar-kecilnya produk yang dihasilkan (kinerja); biasanya terdapat pada pekerja yang dibayar berdasarkan hasil kerjanya. Upah rendah dapat disebakan karena jumlah yang dikerjakan tidak memenuhi target atau jumlahnya sedikit

4. Faktor volume dan beban kerja serta besar-kecilnya resiko pekerjaan; Upah rendah karena beban kerja yang ditanggung sedikit. Bisa dibandingkan beban kerja buruh dengan manajer.
5. Tinggi-rendahnya jabatan (terkait wewenang dan tanggung-jawab) seseorang pekerja/buruh; Upah minimum dapat disebabkan perkerjaan yang sebagai pekerja bawah.

6. Aspek kewilayahan, seperti jauh-dekatnya lokasi atau tempat kerja atau perbedaan wilayah -penetapan- upah;

7. Aspek kepribadian, terkait dengan tingkat kepercayaan dan kejujuran serta nilai-nilai kepribadian lainnya bagi seseorang pekerja (aspek personality);

8. Banyak atau sedikitnya uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi yang dimiliki, atau tinggi-rendahnya kualifikasi pendidikan (sebagai basic start awal dalam bekerja);



B. Penyebab Upah Rendah dari Aspek Ekstern Pekerja
Berikut faktor-faktor yang mempengahuri struktur dan tingkat gaji:

1. Kondisi pasar tenaga kerja
Tingkat gaji atau upah dapat dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran tenaga kerja. Untuk jabatan-jabatan yang terbatas tenaga kerjanya dan membutuhkan pekerja yang mempunyai kecakapan yang tinggi cenderung pekerja yang seperti ini diberikan gaji atau upah yang tinnggi. Disisi lain pekerjaan yang membutuhkan pekerja yang banyak biasanaya diberikan gaji yang cenderung rendah.

2. Peraturan pemerintah
Aturan yang ada di Indonesia tentang pengupahan dan kesejahteraanpekerja diatur dalam pasala 88 s.d. 101 UU Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Ketentuan lainnya yang harus diikuti antara lain adalah peraturan tentang Upah Minimum (UM), yang secara berkala direvisi oleh pemerintah termasuk provinsi dan kota/kabupaten.

3. Kesepakatan kerja
Keberadaan pekerja memungkinkan adanya perundingan antara pekerja dan pihak manajeemen, baik tentang jenis, struktur, maupun upah yang di berikan. Pada perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki pekeerja, kesepakatan yang dibuat dengan perusahaan lainpun juga mempengaruhi upah karena mereka harus bersaing untuk mendapatkan jasa dari pekerja yang berkkualitas.

4. Sikap manajemen
Keinginan pihak manajemen untuk meningkatkan semangat kerja, menarik pekerja-pekerja yang berkualitass tinggi, mengurangi perputaran tenaga kerja, juga mempengaruhi upah/gaji. Struktur upah juga cenderung bervariasi antar perusahaan , bergantung pada tingkat kepentingan relatif jabatan-jabatan tertentu bagi sebuah perusahaan. Contohnya seperti seorang teller lebih penting di sebuah bank daripada bagi rumah sakit.

5. Kemampuan membayar
Gaji/upah yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pekerja merupakan salah satu bagian dari biaya produksi, yang harus dihitung oleh setiap perusahaan. Oleh karena itu, struktur dan tingkat gaji di suatu perusahaan harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan tersebut agar tidak mengalami kerugian.

6. Biaya hidup
Pemberian gaji atau upah harus melihat komponen biaya hidup disuatu wilayah misalkan tingkat upah di kota-kota besar memiliiki biaya hidup yang tinggi dan sebaliknya biaya hidup di desa memiliki biaya hidup yang lebih rendah.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh claramatika dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 13 Dec 14