Bila organisasi ukuran besar, bagaimana posisi atau keadaan dimensi-dimensi birokrasi

Berikut ini adalah pertanyaan dari apitrojer5847 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bila organisasi ukuran besar, bagaimana posisi atau keadaan dimensi-dimensi birokrasi yang terjadi pada organisasi tersebut !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bila organisasi ukuran besar, maka posisi atau keadaan dimensi-dimensi birokrasi yang terjadi pada organisasi tersebut akan berubah dan mempengaruhi satu sama lain. Perubahan tersebut adalah berubahnya kompleksitas organisasi, tejadinya desentralisasi, dan adanya formalisasi yang lebih besar.

Pembahasan:

Hubungan antar dimensi-dimensi birokrasi menjelaskan perbedaan pada struktur organisasi yang berukuran besar dari struktur organisasi yang berukuran kecil. Ukuran orgaisasi menjadi faktor utama yang berpengaruh terhadap besarnya birokrasi dalam organisasi. Pada organisasi ukuran besar, dimensi-dimensi birokrasi akan berubah dan mempengaruhi satu sama lain. Adapun perubahan dimensi-dimensi birokrasi tersebut, yaitu:

1. Berubahnya kompleksitas organisasi

Besarnya ukuran organisasi mengakibatkan berubahnya kompleksitas organisasi. Organisasi tersebut akan menjadi kompleks, dalam pembagian kerja akan lebih rumit, organisasi tersebut akan mempunyai jumlah bagian yang lebih banyak, dan jumlah tingkat (hirarki wewenang) yang lebih besar.

2. Terjadinya desentralisasi

Banyaknya bagian dan tingkatan dalam organisasi menuntut adanya pengawasan dan koordinasi yang lebih ketat untuk menjamin tercapainya kerjasama yang baik antara bagian dan tingkatan tersebut.  Wewenang dalam mengambil keputusan akan lebih banyak yang diserahkan kepada tingkatan bawah agar pimpinan tidak perlu beban dalam pengambilan keputusan yang terlalu besar.

3. Adanya formalisasi yang lebih besar

  • Formalisasi akan menjamin adanya keseragaman perilaku dan standarisasi dalam tindakan para tingkatan bawah yang diberikan wewenang untuk mengambil keputusan. Ini akan mengurangi adanya keperluan pengawasan.
  • Formalisasi yang lebih besar sangat diperlukan, karena semakin banyak staf yang dibutuhkan, maka akan semakin banyak kebutuhan akan koordinasi. Ini akan menyebabkan meingkatnya jumlah pimpinan yang diperlukan, sehingga menaikkan rasio administrasi organisasi.
  • Tingkat formalisasi yang lebih besar dan desentralisasi mengurangi kebutuhan akan pimpinan, sehingga bisa mengurangi rasio administrasi.

Pelajari lebih lanjut:

Posisi atau keadaan dimensi-dimensi birokrasi yang terjadi pada organisasi ukuran besar pada yomemimo.com/tugas/51179418

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 01 Sep 22