3. Coba Anda analisis dengan contoh hubungan vertikal dalam struktur

Berikut ini adalah pertanyaan dari terryaidan749 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Coba Anda analisis dengan contoh hubungan vertikal dalamstruktur organisasi dari segi ukuran dan tingkat ketidakpastian!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam suatu perusahaan terdapat sistem hubungan yang terbagi menjadi dua, yaitu sistem hubungan vertikal dan sistem hubungan horizontal. Sistem hubungan vertikal ini ditentukan oleh salah satunya tingkat ketidakpastian. Kaitan dan contoh hubungan vertikal dari segi ukuran dengan tingkat ketidakpastian adalah apabila ukuran vertikal dalam suatu organisasi dan tingkat ketidakpastiannya semakin besar maka alat untuk mengadakan hubungan tersebut harus lebih bermutu.Contohnya dengandiperkuatnya peraturan dan prosedur dalam pengambilan keputusan.

Pembahasan :

Struktur organisasi terdiri dari empat komponen, yaitu pembagian tugas, hubungan pelaporan resmi, pengelompokan individu, dan sistem hubungan. Hubungan vertikal dalam struktur organisasi termasuk ke dalam komponen sistem hubungan di mana sistem hubungan tersebut bersifat dinamis dan tidak tampak. Sistem hubungan dapat diartikan sebagai mekanisme dalam melakukan komunikasi, koordinasi serta integrasi kegiatan antar karyawan dengan satuan-satuan organisasi dan dengan berbagai tingkatan hierarki di dalam organisasi. Kualitas hubungan vertikal salah satunya ditentukan oleh tingkat ketidakpastian, di mana hal ini merujuk pada kecepatan maupun kepastian perubahan pada lingkungan dan teknologi organisasi. Apabila tingkat ketidakpastian cukup tinggi maka perubahan pada puncak maupun pada bagian paling bawah dari organisasi lebih sering terjadi. Salah satu dimensi struktur organisasi dilihat dari ukuran di mana ukuran yang biasa digunakan dalam organisasi adalah seberapa banyak jumlah anggota di dalam organisasi tersebut. Jika ukuran organisasi dan tingkat ketidakpastian semakin besar maka alat untuk mengadakan hubungan harus lebih bermutu. Contohnya, diperlukan suatu alat untuk melakukan hubungan vertikal agar tingkat koordinasi vertikal semakin baik. Alat tersebut yaitu:

- hierarki

- peraturan dan prosedur

- rencana dan jadwal

- tambahan tingkat atau posisi pada hierarki

- sistem informasi vertikal yang memadai

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang struktur organisasi pada /yomemimo.com/tugas/2317843

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 08 Sep 22