1. Dalam penentuan harga faktor produksi dikenal istilah Fungsi Produksi

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Dalam penentuan harga faktor produksi dikenal istilah Fungsi Produksi Cobb-Douglas. Fungsi produksi (Cobb-Douglas Production Function) ini terletak diantara dua ekstreem yaitu Linear Production Functin dan Leontief Production Function disebut Cobb-Douglas production Function. Dengan rumus Q = F (K,L) = KaLbBerdasarkan pengertian tersebut, terdapat contoh kasus sebagai berikut:
Konsultan meneliti suatu perusahaan, ternyata perusahaan tersebut mempunyai Production Function Cobb- Douglas sebagai berikut:
Q = F(K,L) = K1/2L1/2
Pertanyaan : Berapa rata-rata produktivitas tenaga kerja, bila diperkerjakan 16 unit tenaga kerja dan 9 unit capital ?
2. Perubahan harga komoditi di suatu pasar menyebabkan perubahan kondisi pasar komoditi lain serta pasar input, dan distribusi pendapatan. Dalam analisis ekonomi mikro yang baku, hal tersebut disederhanakan dengan model keseimbangan umum dua industri dan dua input. Sebutkan dan Jelaskan Perilaku kurva-kurva permintaan pasar!
3. Kebijakan pengelolaan dan distribusi tenaga listrik di Indonesia berbeda dengan beberapa negara lain di dunia seperti di Eropa maupun Amerika Serikat. Apakah industri daya listrik selalu merupakan sebuah monopoli di semua negara dan sepanjang waktu?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Jika Q = F(K,L) = K^{\frac{1}{2} } L^{\frac{1}{2} }makafungsinya menjadi  F(9,16) = 9^{\frac{1}{2} } 16^{\frac{1}{2} }

Jadi, rata-rata produktivitas tenaga kerja adalah F(9,16) = 9^{\frac{1}{2} } 16^{\frac{1}{2} }

2. Ciri-ciri atau perilaku kurva permintaan pasar yaitu :

  • Kurva permintaan bergerak dipengaruhi oleh jumlah permintaan barang oleh konsumen.
  • Kurva permintaan ber-slope
  • Pada kurva permintaan, harga barang dengan jumlah barang yang diminta konsumen berbanding terbalik.
  • Kurva berbentuk garis lurus

3. Jawabannya adalah iya, alasannya yaitu industri daya listrik merupakan salah satu industri yang masuk ke dalam jenis monopoli utilitas. Industri daya listrik ini ada biasanya karena biaya awal yang cukup tinggi dalam menjalankan bisnis di industri, sehingga dapat mengakibatkan hambatan masuk yang sangat signifikan bagi pesaing potensial.

Penjelasan dengan langkah-langkah

1. Diket : Rumus Q = F (K,L) = KaLb

Fungsi produksi : Q = F(K,L) = K^{\frac{1}{2} } L^{\frac{1}{2} }

Ditanya : Berapa rata-rata produktivitas tenaga kerja?

Dijawab :

Jika Q = F(K,L) = K^{\frac{1}{2} } L^{\frac{1}{2} }makafungsinya menjadi  F(9,16) = 9^{\frac{1}{2} } 16^{\frac{1}{2} }

Jadi, rata-rata produktivitas tenaga kerja adalah F(9,16) = 9^{\frac{1}{2} } 16^{\frac{1}{2} }

2. Kurva permintaan pasar adalah kurva yang menghubungkan kuantitas suatu barang yang akan dibeli oleh semua konsumen di suatu pasar dengan harganya.

3. Kondisi di mana hanya ada satu penjual di dalam pasar sehingga tak ada pesaing lain yang bisa menyaingi merupakan pasar monopoli.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : XI

Mapel : Ekonomi

Bab : 10 - Pasar Modal

Kode : 11.12.10

#AyoBelajar #SPJ2

1. Jika Q = F(K,L) = [tex]K^{\frac{1}{2} } L^{\frac{1}{2} }[/tex] maka fungsinya menjadi  F(9,16) = [tex]9^{\frac{1}{2} } 16^{\frac{1}{2} }[/tex]Jadi, rata-rata produktivitas tenaga kerja adalah F(9,16) = [tex]9^{\frac{1}{2} } 16^{\frac{1}{2} }[/tex]2. Ciri-ciri atau perilaku kurva permintaan pasar yaitu :Kurva permintaan bergerak dipengaruhi oleh jumlah permintaan barang oleh konsumen. Kurva permintaan ber-slopePada kurva permintaan, harga barang dengan jumlah barang yang diminta konsumen berbanding terbalik.Kurva berbentuk garis lurus3. Jawabannya adalah iya, alasannya yaitu industri daya listrik merupakan salah satu industri yang masuk ke dalam jenis monopoli utilitas. Industri daya listrik ini ada biasanya karena biaya awal yang cukup tinggi dalam menjalankan bisnis di industri, sehingga dapat mengakibatkan hambatan masuk yang sangat signifikan bagi pesaing potensial.Penjelasan dengan langkah-langkah1. Diket : Rumus Q = F (K,L) = KaLbFungsi produksi : Q = F(K,L) = [tex]K^{\frac{1}{2} } L^{\frac{1}{2} }[/tex]Ditanya : Berapa rata-rata produktivitas tenaga kerja?Dijawab :Jika Q = F(K,L) = [tex]K^{\frac{1}{2} } L^{\frac{1}{2} }[/tex] maka fungsinya menjadi  F(9,16) = [tex]9^{\frac{1}{2} } 16^{\frac{1}{2} }[/tex]Jadi, rata-rata produktivitas tenaga kerja adalah F(9,16) = [tex]9^{\frac{1}{2} } 16^{\frac{1}{2} }[/tex]2. Kurva permintaan pasar adalah kurva yang menghubungkan kuantitas suatu barang yang akan dibeli oleh semua konsumen di suatu pasar dengan harganya.3. Kondisi di mana hanya ada satu penjual di dalam pasar sehingga tak ada pesaing lain yang bisa menyaingi merupakan pasar monopoli.Pelajari Lebih LanjutMateri tentang pasar monopoli brainly.co.id/tugas/351145Materi tentang permintaan pasar brainly.co.id/tugas/14230616Materi tentang pasar persaingan sempurna brainly.co.id/tugas/29127389Detail JawabanKelas : XIMapel : EkonomiBab : 10 - Pasar ModalKode : 11.12.10#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 02 Sep 22