Identifikasi lah empat peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari wahidinsawoka992 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Identifikasi lah empat peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Penyedia Jasa Keuangan

Bank syariah menyediakan jasa keuangan bagi mereka yang ragu-ragu atau tidak cocok dengan sistem bank konvensonal, karena penggunaan sistem bunga (interest) di bank konvensional ang dianggap sebagai riba.

Dengan adanya alternatif jasa keuangan ini, semakin banyak orang yang dapat memiliki tabungan untuk menyimpan penghasilan dan melakukan transaksi keuangan. Masyarakat juga memiliki akses sumber pendanaan untuk kebutuhan seperti kendaraan dan perumahan dengan sistem ekonomi syariah dari bank-bank syariah ini.

2. Membantu usaha kecil dan mengengah untuk berkembang

Bank syariah menggunakan sistem bagi hasil yang cocok digunakan oleh usaha kecil dan mengengah. Dengan pinjaman dari bank syariah, usaha kecil dan mengengah ini dapat lebih mudah mendapatkan tambahan modal usaha membeli peralatan baru atau bahan baku, sehingga usahanya bisa lebih berkembang.

3. Melakukan kegiatan sosial

Bank syariah memiliki kewajiban sosial untuk membantu masyarakat, dan bukan hanya mengejar keuntungan sebesar-besarnya saja. Kegiatan sosial yang dapat dilakukan dapat berupa penyaluran zakat, infaq dan shadaqah, pemberian beasiswa serta bakti sosial.

4. Mensejahterakan masyarakat

Dengan membantu usaha kecil dan mengengah berkembang dan dengan melakukan kegiatan sosial, maka bank syariah akan membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat.

I hope this helps

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nindakhoirularyawati dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 02 Jun 21