Distribusi hipergeometrik sangat erat kaitannya dengan distribusi binomial. Perbedaannya antara

Berikut ini adalah pertanyaan dari sarangheodeol pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Distribusi hipergeometrik sangat erat kaitannya dengan distribusi binomial. Perbedaannya antara distribusi hipergeometrik dengan binomial adalah bawa pada distribusi hipergeometrik, percobaan tidak bersifat independen. Untuk mencari probabilitas x sukses dalam ukuran sampel n, kita harus memperoleh x sukses dari r sukses dalam populasi, dan n-x gagal dalam N-r gagalPada percobaan binomial, seandainya n relatif besar, katakanlah lebih besar dari 50 dan p relatif kecil, katakanlah lebih kecil dari 0,1 maka perhitungan probabilitas dengan menggunakan rumus distribusi binomial akan menjadi sulit.

Jelakan apa artinya dalam kalimat mencari probabilitas x sukses dalam ukuran sampel n, kita harus memperoleh x sukses dari r sukses dalam populasi, dan n-x gagal dalam N-r gagal?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

DISTRIBUSI HIPERGEOMETRIKDistribusihipergeometriksangateratkaitannyadgndistribusibinomial.Perbedaannya adalah bahwa pd distribusihipergeometrik , percobaan tidak bersifatindependen, artinya antara percobaan yangsatu dengan yang lainnya saling berkait.Ada 2 persyaratan yang harus dipenuhi olehsebuah distribusi Hipergeometrik:1. Percobaan diambil dari suatu populasiyang terbatas dan percobaan dilakukantanpa pengembalian.2.Ukuran sampel nharus lebih besar dari 5% dari populasi N.Banyakpersoalankombinasiygdptdirumuskan menjadi bentuk hipergeometrik.Misalkan, kita mempunyai suatu populasisebanyak N, yg terdiri dari 2 jenis, misal merah(sebanyak N1) dan putih (sebanyak N-N1).Pada populasi ini kita ambil sample scr acaksebanyak n tanpa pengembalian. Tentu sajasample yg diperoleh juga terdiri atas 2 jenis,yaitu merah dan putih.

Misalkan X = k, menyatakan banyaknya jenismerah yg terambil, maka dlm sample sebanyakn itu akan terdpt sample jenis merah sebanyakk dan terdpt sample jenis putih sebanyak n-k,dimana k = 0,1,2,…,n.

Penjelasan:

kak siap nih

udhsiap

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh PulangYCORONA dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 08 Jul 20