Proses terjadinya revolusi rusia

Berikut ini adalah pertanyaan dari Valenditoreihan2209 pada mata pelajaran Sejarah untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Proses terjadinya revolusi rusia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Revolusi Rusia tahun 1917 dapat dibagi menjadi dua tahap, yakni Revolusi Februari 1917 dan Revolusi Oktober 1917.
1. Revolusi Februari 1917
Revolusi inidimulai dari Petrograd (sekarang Leningrad) dengan demonstrasi yangmenuntut bahan makanan, kemudian diikuti dengan pemogokan diperusahaan-perusahaan. Revolusi yang digerakan oleh kaum Kadet,Menshewiki, dan Bolshewiki ini kemudian berhasil menggulingkan TsarNicholas II. Tampuk pemerintahan dikendalikan oleh kaum Kadet denganbentuk pemerintahan sementara.
Akan tetapi,kaum Kadet tidak segera mengadakan perubahan-perubahan seperti yangdituntut oleh rakyat. Kaum Menshewiki di bawah pimpinan Karenskykemudian menggulingkan kaum Kadet dan memegang tampuk pemerintahan.Program kaum Menshewiki pertama-tama ialah menjunjung kembali kehormatanRusia di mata dunia internasional (karena kekalahan-kekalahan Rusiadalam peperangan), setelah itu baru mengadakan perubahan pemerintahandalam negeri. Serangan besar-besaran terhadap Jerman (dalam Perang DuniaI) segera dilangsungkan, namun gagal. Hal inilah mengakibatkanhilangnya kepercayaan rakyat terhadap pemerintahan Menshewiki.Kesempatan ini digunakan dengan sebaik-baiknya oleh kaum Bolshewikiuntuk menyusun kekuatan guna merebut pemerintahan.
2. Revolusi Oktober 1917
Ketikapemerintahan Menshewiki kehilangan kepercayaan di mata rakyat, kaumBolshewiki segera mendekati rakyat dan menjanjikan adanya kedamaian danpembagian tanah. Dengan cara ini kaum Bolshewiki mendapatkan simpati dandukungan dari rakyat. Kaum Bolshewiki yang semula telah mempersiapkandiri dengan mengadakan wajib militer kepada para pekerja (yang kemudianmenjadi Pengawal Merah) di bawah pimpinan Trotsky, siap untuk merebutkekuasaan.
Revolusi dimulai di Petrograd lagi di bawah pimpinan Lenin yang menyerukan untukmendirikan Republik Soviet. Angkatan Darat dan Angkatan Laut diPetrograd memihak Lenin. Pada tanggal 25 Oktober 1917 pemerintahMenshewiki di bawah pimpinan Kerensky berhasil digulingkan. KaumBolshewiki akhirnya berhasil memegang tampuk pemerintahan baru di Rusia.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh agustinyani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 16 Feb 16