Jabatan kolektor di india itu apa ?

Berikut ini adalah pertanyaan dari riomlgraphics pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jabatan kolektor di india itu apa ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Saya akan mencoba menjawab dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Kelas: X
Mata pelajaran: Sejarah
Materi: Sejarah India

Kolektor di India adalah pemimpin distrik, yaitu wilayah di bawah negara bagian. Kolektor miliki tugas yang sangat luas, antara lain adalah mengumpulkan pajak dan mengadministrasi distrik itu.

Jawaban panjang:

India adalah negara federal yang dibagi menjadi beberapa negara bagian yang otonom dan wilayah federal yang diatur langsung oleh pemerintah pusat. Negara bagian ini kemudian dibagi menjadi distrik. Pemimpin distrik ini disebut kolektor.

Jabatan kolektor ini berasal dari masa penjajahan Inggris. Pada masa kolonial jabatan kolektor dikenalkan oleh Warren Hasting, presiden dari Bengal, salah satu wilayah bagian India pada masa kolonial Inggris.

Pada masa penjajahan Inggris kolektor memiliki wewenang luas, yaitu sebagai petugas penarik pajak, penanggung jawab pencatatan tanah, penyelesaian perselisihan, pengatur perranian, pengawas kepolisian dan melakukan pendisrribusian bantuan bencana.

Semua pejabat di suatu distrik seperti kepala polisi, kepala sipir penjara, kepala kantor kehutanan dan sebagainya harus melapor ke kolektor sebagai pejabat pemimpin distrik.

Pada jaman penjajahan Inggris, tidak ada penduduk asli yang boleh menjadi kolektor. Jabatan ini hanya diduduki oleh penjajah Inggris saja.

Setelah India merdeka, orang asli India bisa menjadi kolektor. Kolektor di suatu negara bagian ditunjuk oleh negara bagian bersangkutan. Yang dipilih sebagai kolektor adalah mereka yang bertugas sebagai pegawai di Indian Civil Service (Korps Pegawai Negeri India).

Setelah kemerdekaan jabatan kolektor ini memiliki tanggung jawab tambahan yaitu menjalankan program dari pemerintah negara bagian yang bersangkutan di distrik yang dipimpin kolektor itu.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diahviolin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 12 Aug 17