Jelaskan apa penyebab utama terjadinya dollar glut pada tahun 1965?

Berikut ini adalah pertanyaan dari Diamante pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan apa penyebab utama terjadinya dollar glut pada tahun 1965? Dimana saat itu Dollar Amerika Serikat masih disepakati sebagai standar moneter internasional.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dollar glut jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti kekenyangan akan dolar, yang berarti istilah untuk akumulasi dolar Amerika di luar Amerika serikat sebagai mata uang cadangan. Penyebab utama dari dolar glut pada tahun 1965 adalah karena ketidakjelasan dan ketidakstabilan yang sangat besar pada awal masa kemerdekaan dan banyaknya pemberontakan yang membuat ekonomi terhambat.

Pembahasan :

Dollar glut erat kaitannya dengan global imbalance. Global imbalance atau ketidakseimbangan global sendiri dapat diartikan sebagai situasi yang mengacu pada beberapa negara yang memiliki lebih banyak aset daripada negara lain. Global imbalance ini ditandai oleh beberapa hal, yaitu tingkat curan account terhadap GDP dan real interest rate yang rendah. Di Indonesia sendiri, dolar glut pernah terjadi pada tahun 1965 di mana pada tahun itu merupakan inflasi terbesar dalam sejarah Indonesia. Pada tahun 1965 merupakan orde lama pada masa demokrasi terpimpin terjadilah krisis yang disebut dengan hiperinflasi Indonesia tahun 1963 - 1965. Pada krisis ini nilai mata uang rupiah mengalami inflasi hingga mencapai 600% dan pada saat itulah terjadi redominasi dari 1000 menjadi 1 rupiah. Krisis ekonomi ini dilatarbelakangi karena kondisi politik Indonesia yang tidak jelas dan tidak stabil pada masa awal kemerdekaan terlebih lagi banyaknya pemberontakan yang menghambat pertumbuhan ekonomi pada saat itu. Selain itu anggaran negara sebagian besar disalurkan untuk kebutuhan militer sehingga anggaran untuk kesejahteraan rakyat semakin kecil. Pada tahun 1965 ini, barang-barang ekspor mengalami penurunan harga khususnya karet dan tambang yang merupakan pemasukan ekspor terbesar pada waktu itu. Krisis ekonomi yang semakin parah ini membuat pemerintah mengambil alih wewenang Bank sentral dengan mencetak uang sebanyak-banyaknya untuk pembangunan proyek mercusuar. Peredaran uang yang semakin banyak di masyarakat menjadi tidak terkontrol sehingga membuat harga-harga kebutuhan pokok ikut mengalami kenaikan yang sangat tinggi atau dapat dikatakan pada saat itu Indonesia sudah memasuki inflasi.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang inflasi pada yomemimo.com/tugas/43582504

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Sep 22