Sebutkan perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional, dalam hal

Berikut ini adalah pertanyaan dari Sltri9961 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional, dalam hal mata uang, biaya angkut, kualitasnya, dan kegiatannya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional adalah:

  • Cara dan alat pembayaran
  • Jangkauan wilayah
  • Sistem distribusi
  • Administrasi
  • Tingkat persaingan
  • Biaya angkut
  • Kemasan

Pembahasan

Perdagangan dalam negeri adalah jenis transaksi ekonomi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi yang keduanya berada dalam satu batas wilayah negara yang sama. Pada dasarnya, perdagangan dalam negeri adalah jenis perdagangan yang kita lakukan sehari-hari. Contoh dari perdagangan dalam negeri adalah seseorang yang berada di Jakarta membeli lemari dari pedagang yang berada di Jepara.

Perdagangan internasional adalah jenis transaksi ekonomi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi yang tidak berada dalam satu batas wilayah negara yang sama atau antarnegara. Perdagangan internasional ini secara garis besar bisa dilakukan dengan melakukan ekspordanimpor. Ekspor adalah kegiatan menjual produk, baik barang maupun jasa kepada pelaku ekonomi yang berada di luar negeri. Sedangkan, impor adalah kegiatan membeli atau mendatangkan produk, baik barang maupun jasa dari luar negeri ke dalam negeri.

Adapunperbedaanyang dapat ditemukanantarapelaksanaanperdagangan dalam negeridengan perdagangan internasional:

  • Jangkauan wilayah: perbedaan yang paling dasar antara perdagangan dalam negeri dengan perdangan internasional. Perdagangan dalam negeri memiliki jangkauan wilayah hanya pada batas wilayah pada suatu negara saja, apabila di Indonesia berarti dari Sabang hingga Merauke. Perdagangan internasional memiliki jangkauan wilayah yang sangatlah luas, baik berdagang kepada negara tetangga ataupun negara yang berada di benua lain.
  • Cara pembayaran: perdagangan dalam negeri akan melakukan pembayaran menggunakan mata uang yang diakui di negara tersebut, apabila di Indonesia maka akan menggunakan mata uang Rupiah. Perdagangan internasional bisa menggunakan mata uang yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak atau valas, wesel, letter of credit, dll.
  • Sistem distribusi: karena jangkauan wilayah yang cenderung dekat sebagian besar dari perdagangan dalam negeri akan didistribusikan menggunakan sistem distribusi langsung atau tanpa perantara. Sedangkan, perdagangan internasional biasanya menggunakan pihak ketiga untuk melakukan kegiatan distribusi dan biasanya merupakan perusahaan eksportir atau importir.
  • Administrasi: perdagangan dalam negeri tidak perlu mengurus keadministrasian yang terlalu rumit sedangkan pada perdagangan internasional alur administrasinya sangat rumit.
  • Tingkat persaingan: perdagangan dalam negeri hanya bersaing dengan produsen yang memproduksi produk serupa yang berada di dalam negeri saja. Sedangkan, perdagangan internasional akan bersaing dengan produsen yang memproduksi produk serupa yang berada di seluruh dunia.
  • Biaya angkut: perdagangan dalam negeri tidak menghasilkan biaya angkut yang besar karena jarak yang dekat dan tidak adanya pajak yang dikenakan. Sedangkan, perdagangan internasional akan mengeluarkan biaya angkut yang sangat besar karena alat transportasi yang digunakan, jarak, dan bea cukai.
  • Kemasan: perdagangan dalam negeri tidak memerlukan kemasan untuk produknya secara berlebihan karena perjalanan produk dari produsen ke konsumen memerlukan waktu yang singkat. Sedangkan, perdagangan internasional memerlukan kemasan yang sangat baik dan aman karena perjalanan barang memerlukan waktu yang lama.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang faktoryang mendorong terjadinya kegiatanekspor

yomemimo.com/tugas/22806048

Materi tentang faktoryang mendorong terjadinyaperdagangan internasional

yomemimo.com/tugas/21039177

Materi tentang manfaatmelakukanimpor

yomemimo.com/tugas/19935437

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: IPS

Bab: 7 - Perdagangan Internasional

Kode: 9.10.7

#TingkatkanPrestasimu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 27 Feb 20