Sebutkan jenis sistem perekonomian di dunia dan berikan contoh yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari sakamataulinababan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan jenis sistem perekonomian di dunia dan berikan contoh yang menerapkan dari masing-masing sistem perekonomian tersebut

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Komando

Disebut juga dengan sistem ekonomi terpusat atau sosialis, sistem ini menjadikan pemerintah sebagai pemegang peran terpenting atau dominan dalam pengaturan kegiatan ekonomi. Sistem ini merupakan gagasan filsuf Jerman Karl Marx.

Ciri-cirinya adalah kegiatan perekonomiannya ditetapkan oleh pemerintah dengan peraturan negara. Selain itu, hak milik perorangan atau swasta tidak diakui. Kebebasan individu dalam berusaha juga tidak ada dan alat-alat produksi seluruhnya dikuasai oleh negara.

Namun, sistem ini memiliki beberapa kelebihan. Pemerintah jadi lebih mudah mengawasi dan mengendalikan perekonomian. Pemerintah juga bertanggung jawab sepenuhnya terhadap seluruh kegiatan ekonomi. Karena hak perorangan ditiadakan, kemakmuran masyarakat lebih merata dan perencanaan pembangunan dapat terealisasi lebih cepat.

Kekurangannya, daya kreasi masyarakat dibatasi dan mendorong munculnya pasar gelap akibat pembatasan yang terlalu ketat. Konsumen juga dibatasi dalam memilih dan menentukan jenis jasa dan barang. Selain itu, pemerintah merupakan penentu seluruh kebijakan, sehingga dapat berlaku sewenang-wenang.

Pasar

Sistem ekonomi ini mempersilakan keputusan ekonomi ditentukan oleh produsen dan konsumen. Seluruh masalah ekonomi juga diserahkan kepada pasar dan menjadikan harga sebagai kontrol utama. Sistem ini menghendaki kebebasan mutlak dan disebut juga dengan Laissez-faire yang berarti pemerintah benar-benar lepas tangan dalam urusan ekonomi. Sistem ini diusung oleh filsuf Skotlandia Adam Smith yang mendapat julukan sebagai Bapak Ekonomi versi Barat.

Beberapa ciri sistem ini adalah kebebasan swasta dan masyarakat diakui dalam ekonomi. Kebebasan pemilikan barang modal juga diperbolehkan. Seluruh tindakan ekonomi dilandasi oleh semangat mencari keuntungan. Tarik-menarik antara kekuatan permintaan dan penawaran tersebutlah yang membentuk mekanisme pasar.

Kelebihan sistem ini adalah munculnya persaingan yang mendorong kemajuan usaha. Pemerintah juga memiliki campur tangan yang terbatas. Produksi didasarkan pada permintaan pasar atau kebutuhan masyarakat. Pengakuan hak milik perorangan juga dapat mendorong semangat usaha masyarakat.

Namun, sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan. Sistem ini dapat mendorong praktik persaingan yang tidak sehat dan menimbulkan monopoli yang merugikan masyarakat. Prioritas pelaku ekonomi terhadap keuntungan maksimal juga dapat mengabaikan kepentingan umum.

Campuran

Ini merupakan gabungan antara sistem ekonomi komando dan pasar. Artinya, pemerintah memiliki campur tangan dalam urusan ekonomi, tapi kepemilikan swasta juga diakui.

Bentuk campur tangan pemerintah dalam sistem ini diantaranya adalah dengan membuat peraturan atau undang-undang yang mengatur dan mengawai kegiatan ekonomi masyarakat. Selain itu, pemerintah juga dapat mendirikan perusahaan-perusahaan negara yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh pancaprakasaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 06 Jun 21