Jelaskan dasar pembagian planet dalam tata Surya oleh para ahli

Berikut ini adalah pertanyaan dari rivoanandaputra5203 pada mata pelajaran Biologi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan dasar pembagian planet dalam tata Surya oleh para ahli

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pembagian planet dalam Tata Surya oleh para ahli adalah

  1. Berdasarkan komponennya: planet terestrial (planet batuan) dan planet gas  raksasa
  2. Berdasarkan letaknya: planet dalam dan planet luar

Yang termasuk planet dalam sekaligus planet terestrial adalah: Merkurius, Venus, Bumi,  dan Mars

Yang termasuk planet luar sekaligus planet gas adalah: Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Pembahasan:

Di Sistem Tata Surya kita terdapat 8 planet yang mengelilingi Matahari. Planet-planet ini yaitu (dari yang paling dekat dengan Matahari): Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.  

Planet dalam adalah planet yang orbitnya terletak di bagian dalam antara Matahari dan sabuk asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Planet luar adalah planet yang orbitnya terletak di bagian luar selepas sabuk asteroid, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Keempat planet dalam bersifat planet terestrial, yaitu planet yang ukuranya kecil dan kebanyakan penyusunya adalah batuan dan mineral. Susunan planet terestrial lainnya mirip dengan bumi.

Sementara keempat planet-planet luar disebut juga planet Gas raksasa (gas giant). Keempat planet ini memiliki kesamaan yaitu ukuranya yang besar, susunannya yang sebagian besar terdiri atas gas dan ukuran satelitnya yang juga besar. Gas penyusun planet ini kebanyakan adalah hidrogen, helium dan methan.

Sabuk asteroid yang memisahkan planet-planet luar dengan planet-planet dalam, merupakan bagian tata surya yang dipenuhi dengan benda-benda angkasa berukuran relatif kecil dan berbentuk tidak teratur, yang disebut asteroid. Asteroid terbesar adalah Ceres.

Pelajari Lebih Lanjut

Planet-planet yang mengelilingi matahari mengikuti orbit (jalur) yang berbentuk..

yomemimo.com/tugas/60598

Detail Jawaban  

Kode:  8.4.10  

Kelas: VII  

Mata Pelajaran: Fisika        

Materi: Bab 10 - Tata Surya  

Kata Kunci: Planet Dalam dan Planet Luar  

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diahviolin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 27 May 19