Bagaimana Akuntansi berperan dalam proses manajemen?

Berikut ini adalah pertanyaan dari noparianda77 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana Akuntansi berperan dalam proses manajemen?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam proses manajemen, salah satu komponen penting yang mempengaruhi keberhasilan manajemen adalah akuntansi. Dalam proses manajemen, perandariakuntansi adalah menyediakan informasi keuangan yang akan digunakan sebagai dasar dalam kegiatan perencanaan yang dilakukan dalam manajemen.

Pembahasan

Manajemen adalah kegiatan perencanaan, pengendalian, pengawasan, dan juga pengorganisasian setiap sumber daya usaha yang ada pada perusahaan. Oleh karena itu, kegiatan manajemen menjadi salah satu kegiatan paling penting yang ada pada perusahaan karena kegiatan manajemen yang baik bisa membantu perusahaan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan perusahaan tersebut. Salah satu sumber daya usaha yang akan dianalisa dalam kegiatan manajemen adalah uang atau modal yang ada pada perusahaan. Untuk bisa melakukan kegiatan manajemen terhadap modal yang ada pada perusahaan, manajemen membutuhkan akuntansi.

Akuntansi adalah kegiatan pencatatan informasi dan transaksi keuangan yang ada pada perusahaan dan menyediakan laporan keuangan yang mudah dimengerti dari informasi keuangan tersebut. Dari informasi akuntansi ini, pihak manajemen yang ada pada perusahaan akan bisa mengetahui jumlah uang atau modal yang bisa ia kelola sehingga pihak manajemen dalam perusahaan bisa menciptakan rencana perusahaan yang disesuaikan dengan kemampuan finansial perusahaan. 

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang macam-macam audit yomemimo.com/tugas/22573751
  2. Materi tentang audit manajemen yomemimo.com/tugas/18448760
  3. Materi tentang sifat pemeriksaan akuntan publik yomemimo.com/tugas/17461980

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Ekonomi

Bab: 1 - Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Kode: 12.12.1

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 28 Jul 21