jelaskan apa yang di maksud dengan a) manusia sebagai makhluk

Berikut ini adalah pertanyaan dari sucialaydrus pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan apa yang di maksud dengana) manusia sebagai makhluk sosial
b) manusia sebagai makhluk ekonomi
c) berikan contoh makhluk sosial dan makhluk ekonomi yg berkaiatan dengan tugas anda sebagai pelajar ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial, Ekonomi dan Contoh Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi yang berkaitan dengan Tugas Anda Sebagai Pelajar.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Manusia sebagai makluk sosial yang berada hidup dengan masyarakat atau lebih dikenal dengan sebutan (zoon politicon). Dimana kebutuhan hidup dari manusia sendiri kemudian akan dapat tercapai apabila seorang manusia tersebut akan menyelaraskan perannya sebagai seorang makhluk ekonomi dan juga sosial. Kemudian manusia yang diaman sebagai makluk sosial (homo socialis), seorang manusia kemudian tidak dapat mengandalkan kemampuannya sendiri dalam melakukan sebuah hal, tetapi seorang manusia membutuhkan manusia lainnya dalam rangka melakukan seuatu hal. Sebagaimana contoh yang dapat diberikan adalah; seorang bayi tidak akan mampu untuk bertahan hidup sendiri dan membutuhakn kasih sayang dari kedua orang tuanya untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan juga sehat.

Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi
Manusia sebagai makhluk ekonomi yang dimana pada bahasa biologinya adalah seorang Homo Economicus adlaah sebuah manusia yang dimana disetiap keadaan dan tindakan yang dilakukan oleh seorang manusia tersebut selalu didasari berdasarkan sebuah pemikiran dan juga rasional. Manusia juga memiliki sebuah kebutuha hidup yang kemudian harus dapat dipenuhi oleh manusia tersebut untuk memenuhi berbagaimacam kebutuhan yangada dalam kelangsungan dari kehidupannya. Kemudian, dari berbagaimacamnya kebutuhan manusia terset manusia tidak akan pernah puas dan juga pasti akan selalu meningkatkan kualitas dari dalam dirinya sendiri. Sebagaimana contohnya adalah ketika kita pergi ke pasar dimana terdapat penjual dan pembeli, penjual akan menjual barang dengan harga yang tinggi, dan pembeli akan membeli barang yang harganya murah, kemudian terjadi negosiasi untuk mendapatkan berang tersebut.

Contoh makhluk sosial sebagai seorang pelajar: Melakukan tugas kelompok yang diberikan oleh guru kepada kita yang dimana kita harus mengerjakannya secara berkelompok.

Contoh makhluk ekonomi sebagai seorang pelajar: Membeli perlengkapan sekolah seperti buku, pulpen, membeli makanan di kantin.

Pelajar lebih lanjut:
- Barang komplementer dan Barang Subtitusi yomemimo.com/tugas/865076
- Permintaan yang tidak sesuai dengan daya beli disebut yomemimo.com/tugas/9880836
- Permintaan yang sesuai dengan daya beli disebut yomemimo.com/tugas/9948190

Kelas : 10
Pelajaran : Ekonomi
Kategori : Bab 2 - Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi
Kata Kunci : Makhluk, Ekonomi, Sosial
Kode : 12

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dannyrizkypp5cqqg dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 28 Dec 14