bagaimanakah mekanisme harga barang dan faktor-faktor produksi dapat menentukan distribusi

Berikut ini adalah pertanyaan dari Andrianiyuli pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

bagaimanakah mekanisme harga barang dan faktor-faktor produksi dapat menentukan distribusi barang-barang yang di hasilkan masyarakat?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

 

Mekanisme harga barang dan faktor-faktor produksi dapatmenentukan distribusi barang-barang yang dihasilkan masyarakat adalah:

 

-       hargapenawaran barang ditentukan oleh besarnya faktor produksi yang digunakan

-       hargabarang kemudian dipengaruhi oleh mekanisme pasar yaitu permintaan masyarakat

-       jumlahbarang yang diproduksi dan kepada siapa barang tersebut diproduksi ditentukanoleh harga barang serta karakteristik faktor produksi (ketersediaan, hargaserta kemudahan pengolahan faktor produksi).

 

Pembahasan:

 

Dalam proses distribusi barang, hasil produksi berupa barangini akan dibawa oleh distributor dari produsen ke konsumen yang akanmenggunakan produk tersebut.

 

Ketika menjual barang, terjadi penawaran harga, dimanaproduk tersebut dihargai pada nilai tertentu. Umumnya, harga yang ditawarkanadalah harga yang memperhitungkan berapa besar biaya untuk faktor produksi yangdigunakan. Misalnya, saat menawarkan beras, pejual akan mempertimbangkan berapabiaya yang telah dikeluarkan untuk buruh tani, pupuk, pestisida, hinggapengangkutan beras.

 

Harga penawaran ini akan dipengaruhi di pasar olehpermintaan konsumen. Bila permintaan terhadap suatu produk meningkat, makaharga produk akan naik. Sebaliknya, bila permintaan menurun, maka harga jugaakan turun. Ini terlihat misalnya pada saat Lebaran, dimana permintaan terhadapbarang makanan meningkan sehingga harga juga naik.

 

Besar kecilnya harga di pasar menentukan distribusi produk.Bila harga suatu produk terlalu rendah, maka distributor akan mengurangi jumlahproduk yang di jual, dan memindahkannya ke tempat lain dimana produk bisadijual lebih tinggi. 

 

Kelas: X

Mata pelajaran: Ekonomi

Materi: Faktor Produksi

Kata Kunci: Faktor Produksi dan Distribusi

 

 

 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diahviolin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 05 Jun 18