Berikan penjelasan mengenai faktor kenapa data impor amerika lebih besar

Berikut ini adalah pertanyaan dari dendiwahyudi1308 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berikan penjelasan mengenai faktor kenapa data impor amerika lebih besar ekspor terkhusus data melalui WTO dan apa alasanaya?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Faktor kenapa data impor Amerika lebih besar dari eksporterkhusus data melalui WTO adalah karenapola konsumsi masyarakat Amerika lebih tinggi daripada produksi dalam negerinya.Hal ini dapat dilihat dari tingginya konsumsi barangimpor dari pada daripada barang produksi dalam negerinya. Menurut ekonom, defisit perdagangan di suatu negara dapat terjadi karena perbedaan yang signifikan antara tabungan dalam negeri dan total investasi dalam negerinya.

Selama ini, pola konsumtif masyarakat Amerika menyebabkan nilai simpanan di masyarakat, perusahaan dan pemerintahnya sangat rendah dibandingkan dengan investasi dalam negerinya. Mereka harus meminjam dari pihak luar negeri (seperti China) yang memiliki surplus simpanan untuk menutupi kekurangan ini. Tidak mustahil, dengan fasilitas pinjaman ini perekonomian Amerika terangkat. Dengan meningkatnya taraf ekonomi dalam negerinya, meningkat pula konsumsi masyarakatnya sehingga terjadi lonjakan permintaan barang-barang imporuntuk menutupi kekurangan pasokan dari dalam negerinya dan juga terutama karena harga barangimpor yang lebih murah. Hal ini yang menyebabkan terjadinya defisit perdagangan.

Faktor lain yang mempengaruhi defisit perdagangan Amerika adalah peran mata uang dolar Amerika. Seluruh pinjaman yang difasilitasi asing untuk menutupi kekurangan simpanan domestik Amerika adalah dalam bentuk dolar Amerika. Fasilitas pinjaman ini disalurkan melalui pembelian instrumen sekuritas keuangan dan ini terus menyebabkan kondisi defisit terjadi.

Penjelasan:

Kondisi neraca perdagangan suatu negara adalah kondisi dimana terjadi perbedaan antara nilai ekspordanimpor negara tersebut. Apabila nilai eksporlebih tinggi daripada nilaiimpormaka neracanya disebut sebagaisurplus. Sebaliknya, apabila nilai imporlebih tinggi daripada nilaiekspormaka neracanya disebut sebagaidefisit.

Beberapa faktor penyebab terjadinya surplus dan defisit neraca perdagangan suatu negara adalah:

1. Produktifitas masyarakat

2. Perjanjian perdagangan antar negara

3. Nilai tukar mata uang

4. Cadangan devisa

5. Inflasi

6. Permintaan

Pelajari lebih lanjut:

Penjelasan tentang Neraca Perdagangan Ekspor dan Impor yomemimo.com/tugas/19582945

Penjelasan tentang Dampak Neraca Pembayaran Surplus dan Defisit terhadap perekonomian suatu negara yomemimo.com/tugas/14993733

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 26 Jul 22