Henry Mintzberg menjelaskan 10 peran kepemimpinan manajer organisasi. Jelaskan Ke-10 peran

Berikut ini adalah pertanyaan dari nazura7616 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Henry Mintzberg menjelaskan 10 peran kepemimpinan manajer organisasi.Jelaskan Ke-10 peran tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Terdapat beberapa peran dari seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan menurut Henry Mintzberg yang dibagi kedalam tiga kategori dasar, yaitu:

  1. Peran antar pribadi atau Interpersonal Role, yang didalamnya terdapat peran seorang pemimpin mulai dari Figurehead, Leader, serta Liaison.
  2. Peran informasi atau Informational Role, yang didalamnya terdapat peran seorang pemimpin mulai dari Monitor, Disseminator, dan juga Spokesman.
  3. Peran keputusan atau Decisional Role , yang didalamnya terdapat peran seorang pemimpin mulai dari Entrepreneur, Disturbance Handler, Resource Allocator, Negotiator.

Pembahasan

Terdapat beberapa peran dari seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan, seperti:

  1. Figurehead, yaitu tugas-tugas hukum atau sosial simbolis. Semua kewajiban sosial, inspirasi, hukum, serta seremonial.
  2. Leader, yaitu membangun hubungan dengan karyawan dan berkomunikasi dengan, memotivasi, serta melatih mereka.
  3. Liaison, yaitu memelihara jaringan kontak di luar unit kerja untuk mendapatkan informasi.
  4. Monitor, yaitu mencari informasi internal serta eksternal tentang isu-isu yang dapat mempengaruhi organisasi atau perusahaan.
  5. Disseminator, yaitu mentransmisikan informasi secara internal yang diperoleh dari sumber internal dan juga sumber eksternal.
  6. Spokesman, yaitu mengirimkan informasi tentang organisasi kepada pihak luar.
  7. Entrepreneur, yaitu bertindak sebagai inisiator, perancang, serta mendorong perubahan atau inovasi.
  8. Disturbance Handler, yaitu peran pemimpin dalam mengambil tindakan korektif ketika organisasi menghadapi permasalahan penting yang tak terduga.
  9. Resource Allocator, yaitu mendistribusikan sumber daya dari semua jenis, termasuk waktu, dana, peralatan, serta sumber daya manusia.
  10. Negotiator, yaitu mewakili organisasi dalam melakukan negosiasi besar yang dapat mempengaruhi area tanggung jawab manajer.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Sep 22