3 Terdapat tiga bentuk pengaruh sosial, yaitu (1) konformitas, (2)

Berikut ini adalah pertanyaan dari afiralia834 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3 Terdapat tiga bentuk pengaruh sosial, yaitu (1) konformitas, (2) kepatuhan dan (3) kekuasaan(power). Kemukakan bentuk konformitas dalam pengaruh sosial dan berikan contohnya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengaruh sosial terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu konformitas, kepatuhan, serta kekuasaan (power). Konformitas adalah jenis pengaruh atau dampak sosial ketika orang mengubah sikap dan perilaku mereka agar sesuai dengan norma-norma sosial yang ada dalam masyarakat setempat. Beberapa contoh yang cocok adalah menjenguk orang sakit dengan membawa buah tangan seperti buah-buahan dan makanan lainnya.

Pembahasan

Pengaruh sosial adalah upaya individu atau kelompok untuk mengubah perilaku, sikap, atau emosi orang lain. Tidak jarang individu (atau  mungkin diri kita sendiri) terpengaruh. Akibatnya, individu semakin yakin dengan keyakinannya dan bahkan mungkin berputar 180 derajat. Konformitas adalah perubahan sikap atau perilaku untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial yang baik di daerah tersebut. Individu adaptif terganggu ketika mereka berbeda dari orang lain  di sekitar mereka. Ini membuatnya lebih cenderung  mengikuti orang lain, bahkan jika itu tidak benar-benar dipercaya. Kesesuaian menunjukkan adanya kewajiban tertulis untuk mematuhi norma-norma sosial. Kecenderungan untuk beradaptasi dengan lingkungan  meningkat ketika individu merasa akrab dengan lingkungan, misalnya dalam kelompok teman dekat.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang pengaruh sosial, pada: yomemimo.com/tugas/7181848

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Sep 22