Bagaimana cara melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan, menekuk, danmengayun

Berikut ini adalah pertanyaan dari sebastiandaeli pada mata pelajaran Penjaskes untuk jenjang Sekolah Dasar

Bagaimana cara melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan, menekuk, danmengayun menggunakan tongkat berpita ?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun menggunakan tongkat berpita:

  1. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan kombinasi gerak di atas.
  2. Sikap awal berdiri tegak dengan tangan kanan membawa tongkat berpita.
  3. Langkah pertama adalah lakukan gerakan berjalandiawali dengan kaki kiri melangkah ke depan diiringi dengan gerakan tangan kananmengayunkan tongkat berpita ke depan.
  4. Gerakan lanjutannya setelah tangan kanan mengayunkan tongkat berpita ke depan maka gantian yang melangkah adalah kaki kanan ke depan dan diiringi dengan gerakan ayunan tangan kanan yang membawa pita mengayun ke belakang.
  5. Setelah itu kedua kaki dirapatkan dan sikap berdiri tegak dengan kedua tangan berada disamping lurus.
  6. Gerak lanjutan berikutnya adalah kedua lutut ditekuk sambil tangan kanan yang memegang tongkat berpita mengayunkan tongkat ke atas.
  7. Gerakan selanjutnya mengayunkan tongkat berpita ke belakang dan posisi lutut diluruskan sambil melangkah ke depan dan diakhiri sikap berdiri tegak.

Penjelasan:

Di atas merupakan langkah-langkah dalam melakukan gerakan kombinasi gerak berjalan, mengayun dan menekuk menggunakan tongkat berpita pada materi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas 3 tema 6 subtema 1 pelajaran 4. Dari materi pelajaran tersebut dapat dipelajari bahwasannnya ada rangkaian gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor pada gerakan senam menggunakan alat. Gerak dasar lokomotor yang terjadi adalah adanya perpindahan posisi tubuh dengan melakukan gerak berjalan. Gerak dasar nonlokomotor yang terjadi adalah adanya gerakan yang terjadi akan tetapi tidak mengubah posisinya, antara lain gerakan: mengayunkan lengan dan menekuk lutut.

Tongkat berpita merupakan alat sederhana yang dipakai sebagai dasar untuk melatih gerak dominan dalam senam/aktivitas berirama. Untuk lebih memvariasikan dan membuat gerakan terlihat lebih indah maka siswa juga dapat menambahkan musik/irama dalam pelaksanaannya.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang bagaimana gerakan kombinasi berjalan menekuk dan mengayun​ yomemimo.com/tugas/38510980

Materi tentang kombinasi gerak berjalan menekuk dan mengayun dapat menggunakan alat berupa yomemimo.com/tugas/38968588

Detail Jawaban:

Kelas          : 3

Mapel         : Penjaskes

Bab             : Bab 9 - Gerak Senam Ritmik

Kode           : 3.22.9

#TingkatkanPrestasimu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh fendipanduwinata dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 02 Jun 21