Perbedaan bank sentral indonesia dengan negara lain

Berikut ini adalah pertanyaan dari hestypebrian9220 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Perbedaan bank sentral indonesia dengan negara lain

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Disparitas bank sentral indonesia menggunakan negara lain artinya Bank sentral memiliki kiprah pokok menjadi penjaga moneter, tetapi di sejumlah negara peran tersebut digabung dengan menggunakan pengawas perbankan. Meski ada juga yang sistem pengawasannya dilakukan sang lembaga terpisah.

Pembahasan:

Pemerintah sedang menggodok revisi UU Bank Indonesia (BI). Nantinya bank sentral tidak hanya mengurus duduk perkara moneter mirip inflasi serta nilai tukar, tapi pula mendorong pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja. Selain itu, revisi UU sekaligus ingin mengembalikan kiprah BI menjadi pengawas sektor perbankan.

BI sebelumnya pula berperan menjadi regulator serta pengawas perbankan pada Indonesia. Tetapi semenjak akhir 2013, peran itu diambil alih Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menilai, revisi UU BI tidak akan menggerogoti independensi bank sentral.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang:

bank sentral yang ada di indonesia pada yomemimo.com/tugas/2271864

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 13 Sep 22