Apabila bank Indonesia menambah jumlah lelang SBI dan pada saat

Berikut ini adalah pertanyaan dari Stemsaamuba3320 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apabila bank Indonesia menambah jumlah lelang SBI dan pada saat bersamaan pemerintah Indonesia menurunkan pengeluaran pemerintah, jelaskan bagaimana dampaknya terhadap inflasi dan output dalam perekenomian dalam jangka pendek. Jelaskan?​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bank Indonesia (BI) menambah jumlah lelang Sertifikat Bank Indonesia (SBI),sementara pemerintahmenurunkan pengeluaran. Dampaknya adalah menurunkan tingkat inflasi, dan dalam jangka pendek dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

Pembahasan

SBI adalah surat utang yang dikeluarkan oleh BI dengan sistem lelang. Tenor yang ditawarkan biasanya hanya jangka pendek yakni 1 hingga 3 bulan. SBI dikeluarkan BI untuk mengontrol laju inflasi dan nilai tukar Rupiah. 

Saat uang yang beredar terlalu banyak maka akan terjadi inflasi. Sehingga untuk mengendalikan inflasi BI akan menyerap likuiditas atau uang di pasar dengan melakukan lelang SBI. Biasanya BI akan memberikan bunga yang menarik supaya investor mau memberikan dananya kepada BI ketimbang untuk belanja konsumtif. Kebijakan ini didukung dengan penurunan belanja pemerintah sehingga uang beredar semakin terkendali.

Nah, jika inflasi dapat terkendali, nilai tukar Rupiah juga akan stabil. Maka di sektor riil, daya beli akan terjaga. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi semakin baik. 

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pertumbuhan ekonomi pada yomemimo.com/tugas/97807

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 13 Sep 22