2 kebijakan perdagangan internasional yang bisa diambil pemerintah indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari oliviadhrma1518 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 kebijakan perdagangan internasional yang bisa diambil pemerintah indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

2 kebijakan perdagangan internasional yang bisa diambil pemerintah Indonesia:

  1. Kebijakan menaikkan tarif impor – dengan menaikkan tarif impor untuk barang tertentu maka pemerintah akan melindungi industri dalam negeri agar tetap kompetitif dari gempuran barang-barang impor.
  2. Kebijakan larangan ekspor – dengan melarang mengekspor barang-barang tertentu maka pemerintah dapat mendorong perkembangan industri dalam negeri agar terus berkembang dan tidak “manja” dengan kebiasaan mengekspor.

Pembahasan

Kebijakan perdagangan internasional merupakan suatu tindakan atau aturan yang dilakukan oleh sebuah negara dalam melakukan perdagangan dengan negara lain baik langsung maupun tidak langsung dalam upaya melindungi kepentingan nasionalnya.  

Beberapa contoh kebijakan perdagangan internasional suatu negara antara lain:

  1. Kebijakan Premi yaitu kebijakan menyalurkan dana kepada produsen dalam negeri yang berhasil mencapai target produksi tertentu yang ditetapkan pemerintah.
  2. Kebijakan larangan ekspor yaitu kebijakan melarang mengekspor barang tertentu untuk mendorong perkembangan produksi dalam negeri dan tidak asal ekspor barang-barang yang dapat ditambah nilai di dalam negeri.
  3. Kebijakan kuota impor yaitu kebijakan yang membatasi jumlah impor barang tertentu untuk melindungi industri dalam negeri.
  4. Kebijakan tarif impor yaitu kebijakan membebani pajak lebih untuk mengimpor barang-barang tertentu untuk melindungi keberlangsungan industri dalam negeri.

Pelajari lebih lanjut

Penjelasan tentang Perdagangan Internasional yomemimo.com/tugas/1525915

Penjelasan tentang Perdagangan Internasional yomemimo.com/tugas/26247109

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 01 Sep 22