8. Pak Dionza seorang pengusaha kain ulos dari Sumatra Utara.

Berikut ini adalah pertanyaan dari HarnadaFajrie1590 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

8. Pak Dionza seorang pengusaha kain ulos dari Sumatra Utara. Pak Dionza akan memproduksi kain ulos jenis baru yang belum pernah diproduksi pengusaha lain. Bahan baku pembuatan kain ulos sudah dimiliki dan proses pembuatan yang rumit sudah dipahami oleh Pak Dionza. Akan tetapi, Pak Dionza belum memiliki pasar untuk menjual kain ulos miliknya.Permasalahan pokok ekonomi modern yang dihadapi Pak Dionza sesuai dengan ilustrasi adalah ....
a, barang apa yang akan diproduksi?
b. bagaimana memproduksi barang tersebut?
c. bagaimana memperoleh sumber daya yang akan digunakan?
d. siapa yang akan memproduksi barang tersebut?
e. untuk siapa barang tersebut diproduksi?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Meskipun Pak Dionzasudah mengetahuibahan bakuyang dibutuhkan sertaproses pembuatandarikain ulos Sumatera Utara yang belum pernah diproduksi oleh pengusaha lain, Pak Dionza belum mengetahui pasar yang tepat untuk menjual produk tersebut. Sesuai dengan ilustrasi tersebut, masalah ekonomi modernyang dialami adalah(E) untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Pembahasan

Pilihan (E) benar karena salah satu masalah ekonomi modern adalah untuk siapa suatu barang atau jasa diciptakan (for whom?). Pada ilustrasi di atas, kita bisa melihat bahwa sebenarnya Pak Dionza sudah mengetahui mengenai seluruh kegiatan produksi yang perlu ia lakukan atau dengan kata lain barang yang ingin diciptakan sudah cukup matang. Namun, Pak Dionza belum mengetahui kepada siapa barang tersebut akan dijual.

Pelajari lebih lanjut

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Sep 22