3. Harga suatu barabg sebesar Rp.20.000 dann jumlah barang yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari laiastivenmawati pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Harga suatu barabg sebesar Rp.20.000 dann jumlah barang yang diminta sebanyak 60 unit, ketikaharga barang tersebut menjadi Rp.40.000,jumlah barang yang diminta sebanyak 80 unit.Tentukan
persemaan permintaan tersebut serta nyatakan dalam bentuk tabel dan kurve permintaan! serta
jelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan!​ ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Persamaan permintaan : Qd = 2P + 40

Penjelasannya ada di image ya

Faktor yang mempengaruhi permintaan:

  • harga barang itu sendiri : biasanya harga barang berbanding terbalik dengan (semakin tinggi harga barang, semakin rendah permintaan). Tapi pada keadaan tertentu harga barang bisa saja berbanding lurus dengan permintaan pasar.
  • harga barang lain yang terkait : semakin murah barang lain yang terkait, semakin rendah permintaan barang karena adanya substitusi barang yang lebih terjangkau.
  • tingkat pendapatan : semakin tinggi pendapatan masyarakat, semakin tinggi pula permintaan yang dapat diajukannya.
  • selera masyarakat : permintaan pasar cenderung mengikuti selera masyarakat yang mengikuti trend. semakin kekinian suatu barang, maka permintaannya akan semakin tinggi.
  • jumlah penduduk : semakin tinggi jumlah penduduk suatu daerah, semakin banyak kebutuhan yang perlu dipenuhinya, maka semakin tinggi pula permintaan pasar.
  • prediksi konsumen tentang kondisi pada masa mendatang : walaupun prediksi setiap orang berbeda- beda, namun dapat kita simpulkan bahwa semakin tinggi prediksi konsumen akan pentingnya suatu benda, maka akan semakin naik.

semangat belajar, jangan lupa jadiin brainliest ya~ semoga membantu! :)

Persamaan permintaan : Qd = 2P + 40Penjelasannya ada di image yaFaktor yang mempengaruhi permintaan:harga barang itu sendiri : biasanya harga barang berbanding terbalik dengan (semakin tinggi harga barang, semakin rendah permintaan). Tapi pada keadaan tertentu harga barang bisa saja berbanding lurus dengan permintaan pasar.harga barang lain yang terkait : semakin murah barang lain yang terkait, semakin rendah permintaan barang karena adanya substitusi barang yang lebih terjangkau.tingkat pendapatan : semakin tinggi pendapatan masyarakat, semakin tinggi pula permintaan yang dapat diajukannya.selera masyarakat : permintaan pasar cenderung mengikuti selera masyarakat yang mengikuti trend. semakin kekinian suatu barang, maka permintaannya akan semakin tinggi.jumlah penduduk : semakin tinggi jumlah penduduk suatu daerah, semakin banyak kebutuhan yang perlu dipenuhinya, maka semakin tinggi pula permintaan pasar.prediksi konsumen tentang kondisi pada masa mendatang : walaupun prediksi setiap orang berbeda- beda, namun dapat kita simpulkan bahwa semakin tinggi prediksi konsumen akan pentingnya suatu benda, maka akan semakin naik.semangat belajar, jangan lupa jadiin brainliest ya~ semoga membantu! :)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh edel06 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 26 Jul 21