1) Jelaskan Manfaat pelatihan dan pengembangan? 2) jelaskan pelatihan khusus

Berikut ini adalah pertanyaan dari cangelsthe pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1) Jelaskan Manfaat pelatihan dan pengembangan? 2) jelaskan pelatihan khusus bagi Supervisor? 3) Jelaskan empat hal yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan dalam membangun dan mengembangkan sebuah tim? 4) Jelaskan karakteristik dasar pengembangan SDM berbasis kompetensi menurut Spencer dan Spencer?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Manfaat pelatihan dan pengembangan yaitu untuk untuk meningkatkan keahlian karyawan yang berkaitan dengan pekerjaan agar kualitas performa mereka meningkat sehingga memberikan manfaat bagi kemajuan perusahaan atau institusi. Selain itu juga agar mereka kompeten menghadapi situasi-situasi tertentu yang bisa terjadi dalam dunia kerja.

2. Pelatihan khusus bagi supevisor untuk mengembangkan kemampuan  agar peran sebagai leader di setiap unit kerjanya dapat memberikan kontribusi yang optimal pada organisasi. Hal ini sejalan dengan peran dan fungsi supervisor sebagai bagian penting dan memiliki peran yang signifikan dalam merealisasikan tujuan strategis organisasi.

3. Empat hal yang harus dilakukan dalam membangun dan mengembangkan sebuah tim yaitu dengan forming atau pembentukan tim dengan mengenal satu sama lain, storming atau penyatuan yang muncul saat terjadi perbedaan pendapat hingga akhirnya muncul komunikasi, norming atau kesepakatan dimana setiap orang saling memahami dan melengkapi, performing atau membangun kerja sama yang akan mencapai suatu hasil.

4. Karakteristik dasar pengembangan SDMberbasis kompetensi menurutSpencer dan Spenceryaitupengetahuan merupakan informasi yang dimiliki seseorang di bidang tertentu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Keterampilan merupakan kemampuan dan keahlian seseorang dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik. Watak merupakan perilaku seseorang yang ditampakkan dalam merespon segala hal yang terjadi. Motif merupakan pemikiran mendasar yang muncul dari dalam diri seseorang dan menjadi tujuan serta keinginan yang ingin dicapai. Konsep diri merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk meyakinkan dirinya, mendorong dirinya untuk bekerja dan melaksankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Pembahasan

Program pelatihan dan pengembangan SDM merupakan istilah-istilah yang berhubungan dengan usaha-usaha berencana, yang diselenggarakan untuk mencapai penguasaan skill, pengetahuan, dan sikap-sikap pegawai atau anggota organisasi. Pengembangan SDM lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dalam pengambilan keputusan dan memperluas hubungan manusia bagi manajemen tingkat atas dan manajemen tingkat menengah sedangkan pelatihan SDM dimaksudkan untuk pegawai pada tingkat bawah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian dan perbedaan pelatihan,pendidikan dan pengembangan SDM yomemimo.com/tugas/34705335

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mawarniika162 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 08 Sep 22