1. Jelaskan jenis-jenis negosiasi yang saudara ketahui? 2. jenis negosiasi apa

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan jenis-jenis negosiasi yang saudara ketahui?2. jenis negosiasi apa yang digunakan PT. ABC untuk menyelesaikan kasus
tersebut? Jelaskan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jenis-jenis negosiasi:

  1. Negosiasi formal
  2. Negosiasi informal
  3. Negosiasi dengan pihak penengah
  4. Negosiasi tanpa pihak penengah
  5. Negosiasi kolaborasi
  6. Negosiasi dominasi
  7. Negosiasi akomodasi
  8. Negosiasi lose-lose

Penjelasan:

1. jelaskan jenis-jenis negosiasi yang saudara ketahui

  1. Negosiasi formal
  • adalah kegiatan negosiasi yang dilakukan untuk mendapatkan kesepakatan dengan menempuh jalur hukum.

2. Negosiasi informal

  • adalah negosiasi yang bisa dilakukan dimana saja tanpa memerlukan jalur hukum.

3. Negosiasi dengan pihak penengah

  • adalah negosiasi yang dilakukan oleh dua atau lebih pihak negosiator sehingga setiap keputusan dan proses negosiasi akan memerlukan pihak penengah yang sifatnya netral.

4. Negosiasi tanpa pihak penengah

  • adalah negosiasi yang dilakukan tanpa membutuhkan bantuan pihak penengah dan umumnya hanya terjalin antar dua pihak saja.

5. Negosiasi kolaborasi

  • adalah jenis negosiasi dimana seluruh pihak yang terlibat menyuarakan pendapat dan keinginannya, sehingga terjalin kolaborasi kepentingan dan keinginan untuk bisa mendapatkan solusi terbaik.

6. Negosiasi dominasi

  • adalah jenis negosiasi yang akan menguntungkan salah satu pihak saja dan pihak lainnya tidak banyak mendapatkan keuntungan.

7. Negosiasi akomodasi

  • Adalah negosiasi dimana setiap pihak yang melakukan negosiasi hanya akan mendapatkan keuntungan yang sedikit, bahkan bisa saja pihak lawan mendapatkan keuntungan yang banyak

8. Negosiasi lose-lose

  • adalah negosiasi yang dilakukan untuk tidak melanjutkan konflik atau konflik baru. Jadi, setiap pihak akan memilih untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin

2. jenis negosiasi apa yang digunakan PT. ABC untuk menyelesaikan kasus

tersebut? Jelaskan

  • Negoisasi merupakan hal paling lumrah yang kita lakukan sehari-hari. Tiap orang biasanya bernegoisasi untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Namun terkadang, keinginan tersebut terbentur oleh keinginan orang lain yang bertentangan. Oleh sebab itu, negoisasi perlu dilakukan demi mendapatkan hasil yang bisa diterima oleh kedua belah pihak.

  1. Apa itu negoisasi?

  • Negoisasi adalah suatu proses saat para pihak terkait ingin menyelesaikan permasalahan, melakukan suatu persetujuan untuk suatu perbuatan, melakukan penawaran untuk mendapatkan suatu keuntungan tertentu. Bisa diartikan juga berusaha menyelesaikan permasalahan demi keuntungan bersama.

  • Negoisasi jadi salah satu cara bagi dua atau lebih pihak yang berbeda kepentingan dalam mencari kesepahaman. Caranya dengan mempertemukan penawaran dan permintaan dari masing-masing pihak sehingga tercapai suatu kesepakatan atau kesepahaman kepentingan. Baik itu berupa pendirian, pendapat, maksud, ataupun tujuan.

  • Dikatakan juga bahwa negoisasi merupakan perundingan antara dua pihak yang di dalamnya terdapat proses memberi, menerima, dan juga tawar menawar. Selain itu, negoisasi juga merupakan suatu klimaks dari proses interaksi yang dilakukan dua pihak untuk saling memberi dan menerima dengan kesepakatan bersama.

  • Negoisasi ini bisa muncul karena adanya perebutan sumber daya, yaitu salah satu pihak menginginkan sesuatu yang dikuasai oleh pihak lain atau sebaliknya. Bisa juga karena adanya perbedaan persepsi. Misalnya, salah satu pihak ingin menyelaraskan pandangan yang tadinya berbeda terhadap suatu hal yang bisa saja berpotensi menimbulkan konflik atau menghalangi pencapaian tujuan.

2. Jenis negoisasi berdasarkan pendekatan hasil

  • Hasil dari adanya suatu negoisasi pun bervariasi, tergantung dari bagaimana para negoisator mengutarakan pendapatnya. Berikut ini beberapa jenis negoisasi berdasarkan pendekatan hasil yang dimaksud.

  • Pada jenis negoisasi satu ini, kedua belah pihak akan mendapat keuntungan yang sama baiknya. Nah, negoisasi dengan jenis seperti ini biasa disebut juga dengan expand the pie.

  • Jika dianalogikan dengan membelah kue pai, ketimbang satu pihak harus mendapatkan potongan pai lebih kecil dari pihak lainnya, akan lebih baik untuk memperbesar pai yang ada.

3. Bagaimana caranya?

  • Dalam bernegoisasi, cobalah untuk berpikir outside the box. Maksudnya, jangan hanya memikirkan keuntungan di depan mata saja tapi juga cari keuntungan lain. Bisa jadi, keuntungan tersebut memengaruhi keputusan yang akan diambil nantinya.

  • Cara memenangkan negoisasi yang berakhir dengan hasil win – lose adalah mendengarkan dan memahami apa yang lawan negoisasi Anda utarakan. Biarkan saja mereka menuturkan semua argumennya sampai benar-benar tuntas.

  • Negoisasi jenis ini adalah negoisasi yang paling dihindari siapapun. Pasalnya, kedua belah pihak akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginannya. Bisa dikatakan juga, negoisasi tersebut mengalami kegagalan

Demikianlah tentang jenis-jenis negoisasi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

semoga bermanfaat:)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh snuraini0215 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 02 Sep 22