Pada saat terjadi terjadi bencana; misalnya banjir, tanah longsor, gempa

Berikut ini adalah pertanyaan dari rijalshabuauce pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada saat terjadi terjadi bencana; misalnya banjir, tanah longsor, gempa bumi dan sebagainya, pemerintah baik pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk melakukan suatu tindakan; mulai dari merumuskan kebijakan, membuat program kegiatan, strategi pelaksanaan kegiatan serta melakukan evaluasi kegiatan? Tugas Anda untuk memberikan argumen tentang hal tersebut dengan menggunakan konsep pengertian dan ruang lingkup kebijakan publik, serta berikan contohnya.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Menurut saya, pada saat terjadi bencana pemerintah harus tanggap terhadap hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam menangani atau tindakan apa saja yang perlu dilakukan oleh pemerintah menyelamatkan korban, melakukan perbaikan terhadap pembangunan infrastruktur yang rusak serta menanggulangi apabila bencana tersebut kembali terjadi.

Pembahasan:

Konsep kebijakan publik menurut Sulaiman yaitu tindakan yang dilakukan sebagai suatu proses yang mengandung berbagai bentuk aktivitas tertentu yang merupakan seperangkat keputusan yang bersangkutan dengan tindakan untuk mencapai tujuan dalam beberapa cara yang khusus, dengan demikian, maka konsep kebijakan publik berhubungan dengan tindakan masyarakat dalam menangani suatu permasalahan. Konsep kebijakan public terdiri dari tahapan perumusan masalah, formulasi penanggulangan masalah dan evaluasi.

Pelajari lebih lanjut

Konsep kebijakan publik: yomemimo.com/tugas/15227878

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22