tulis cerita singkat tentang kerajaan majapahit:)​

Berikut ini adalah pertanyaan dari mazkie005 pada mata pelajaran Sejarah untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tulis cerita singkat tentang kerajaan majapahit:)​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit Beserta Peninggalannya

Kerajaan Majapahit,

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan Hindu terbesar yang ada di Nusantara. Konon, kerajaan inilah yang telah berhasil menyatukan seluruh wilayah di Indonesia.

Kerajaan yang berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini didirikan pada 1294 oleh Raden Wijaya. Puncak kejayaan dari Kerajaan Majapahit ini terjadi dibawah pemerintahan Hayam Wuruk yang disebut juga Rajasanagara pada 1350 -1389. Semasa pemerintahan Hayam Wuruk dan bantuan dari mahapatihnya, Gajah Mada, Kerajaan Majapahit berhasil memperluas wilayahnya.

Bukti dari kemahsyuran Kerajaan Majapahit dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan kerajaannya. Berikut adalah beberapa peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit:

Kitab Negarakertagama

Kitab Negarakertagama merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang paling berharga. Kitab karangan Mpu Prapanca ini berisi tentang sejarah dan perjalanan Kerajaan Majapahit, mulai dari keadaan kota Majapahit, wilayah-wilayah kekuasaannya dan juga sejumlah kebijakan Raja.

Kitab Sutasoma

Peninggalan Kerajaan Majapahit berikutnya adalah Kitab Sutasoma yang merupakan hasil karangan Mpu Tantular pada abad ke-14. Dalam kitab ini juga terdapat istilah yang digunakan sebagai semboyan NKRI lho.

Candi Penataran

Peninggalan Kerajaan Majapahit yang satu ini terletak di Desa Penataran, Nglegok, Blitar. Bercorak Hindu, Candi Penataran merupakan kompleks candi Hindu paling luas di Jawa Timur. Konon, candi ini dibangun semasa pemerintahan Raja Srengga dari Kerajaan Kediri sekitar tahun 1200 Masehi.

Dilansir dari Peninggalan Bersejarah di Indonesia, masih banyak candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit selain Candi Penataran, seperti Candi Cetho, Candi Tikus, Candi Sumberjati, Candi Sawentar, Candi Jabung, Candi Tigawangi dan juga Candi Suwarna.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh y4rShlsy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 02 Aug 21