Ada banyak sekali ketidakpastian dan risiko yang bisa merugikan kita.

Berikut ini adalah pertanyaan dari dillaharliyana9241 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ada banyak sekali ketidakpastian dan risiko yang bisa merugikan kita. Coba identifikasi ketidakpastian dan risiko tersebut

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Beberapa ketidakpastian yang muncul pada saat menjalankan usaha adalah

  • Ketidakpastian karena ekonomi, ketidakpastian ekonomi biasanya disebabkan oleh perubahan ekonomi yang terjadi baik di sebuah negara atau dunia.
  • Ketidakpastian karena sifat manusia, manusia sebagai SDM di perusahaan juga turut menjadi faktor ketidakpastian, seperti demonstrasi hingga kekurangan SDM.
  • Ketidakpastian karena alam, contoh penyebab ketidakpastian ini adalah curah hujan yang tinggi hingga bencana alam.

Sedangkan beberapa contoh resiko yang muncul pada saat menjalankan usaha adalah

  • Resiko operasional, resiko ini berkaitan dengan karyawan hingga perusahaan yang tidak memiliki prosedur dalam menjalankan usahanya.
  • Resiko teknik, resiko selanjutnya berkaitan dengan proses pembuatan produk. Setiap perusahaan biasanya memiliki produk terbaik, namun pada perjalanannya, proses pembuatan produk dapat mengalami kegagalan atau kualitas produk tidak mampu bersaing dengan produk lainnya.

Pembahasan

Ketidakpastian dan resiko merupakan hal yang lumrah terjadi, keduanya akan muncul pada saat perusahaan baru berdiri atau pada saat perusahaan sudah berjalan. Adapun beberapa resiko lainnya yang muncul pada saat menjalankan usaha adalah sebagai berikut

  • Resiko finansial, resiko ini berkaitan langsung dengan keuangan perusahaan, misalnya keuangan perusahaan yang macet karena tagihan yang tidak dibayar oleh klien.
  • Resiko pasar, resiko kedua adalah resiko yang berkaitan dengan pasar. Setiap perusahaan memiliki target pasar yang berbeda-beda, contoh resiko pasar adalah tidak terjualnya produk buatan perusahaan.

Resiko-resiko dan ketidakpastian yang muncul pada saat menjalankan usaha memang tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, namun cara terbaik untuk menghadapi keduanya adalah dengan cara membuat langkah pencegahan, seperti pembuatan analisa SWOT hingga melakukan evaluasi terhadap perusahaan secara berkala.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian analisa SWOT yomemimo.com/tugas/1730497

Materi tentang pengertian modal kerja yomemimo.com/tugas/15577789

Materi tentang contoh penggunaan SWOT pada usaha bakso yomemimo.com/tugas/18197668

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Bab : Bab 6 - Konsep Manajemen

Kode :

#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh murtiyoso dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 02 Aug 21