1. Jelaskan yang anda ketahui mengenai karakteristik kualitatif informasi keuangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari mustomi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan yang anda ketahui mengenai karakteristik kualitatif informasi keuangan !2. Berikut adalah akun-akun dalam Rugen Company pada 31 Juli 2020
(a) Buatlah laporan laba rugi dan laporan perubahan modal (ekuitas)
(b) Buatlah neraca pada tanggal 31 Juli

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Mengenai karakteristik kualitatif informasi keuangan, berikut adalah beberapa kriteria yang digunakan:

  • Dapat dipahami: karakteristik pada informasi keuangan yang merupakan adanya penyederhanaan terhadap informasi yang kompleks dan rumit sehingga informasinya bisa dipahami oleh seluruh pengguna informasi keuangan.
  • Relevan: karakteristik pada informasi keuangan yang merupakan informasi keuangan bisa digunakan untuk menilai peristiwa yang terjadi pada serangkaian waktu, mulai dari masa lalu hingga masa depan.
  • Keandalan: karakteristik informasi keuangan yang merupakan data yang ada pada informasi keuangan disajikan secara benar tanpa ada kesalahan sehingga setiap datanya bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, data yang ada pada informasi keuangan juga harus sesuai dengan kenyataan yang ada sehingga bisa kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan dan datanya bisa digunakan sebagai pedoman dalam menciptakan keputusan.
  • Dapat dibandingkan: karakteristik informasi keuangan yang merupakan para pengguna informasi keuangan harus bisa membandingkan laporan keuangan perusahaan pada setiap periodenya.

2. Nomor 2 tidak bisa dijawab karena tidak ada datanya.

Pembahasan

Informasi keuangan adalah data mengenai laporan finansial yang ada pada perusahaan. Informasi keuangan ini akan dijabarkan oleh seorang akuntan dengan menggunakan penyajian yang sederhana sehingga informasi keuangan tersebut bisa digunakan dengan mudah. Informasi keuangan ini harus bisa dibuat dengan objektif karena para pengguna informasi keuangan akan menggunakan informasi keuangan sebagai pedoman dalam pembuatan keputusan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pihak pengguna informasi keuangan yomemimo.com/tugas/23574472
  2. Materi tentang infomrasi yang ada pada anggaran dasar yomemimo.com/tugas/18027448
  3. Materi tentang manfaat informasi keuangan yomemimo.com/tugas/25895308

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Ekonomi

Bab: 1 - Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Kode: 12.12.1

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 01 Aug 22