1. Dalam kegiatan bisnis banyak digunakan macam—macam alat pembayaran, diantaranya

Berikut ini adalah pertanyaan dari gregoriuswendy789 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Dalam kegiatan bisnis banyak digunakan macam—macam alat pembayaran, diantaranya cek, bilyet giro, cek perjalanan, draft uang, order uang dan letter of credit, kartu debet dan kartu kredit. Alat pembayaran tersebut termasuk ke dalam ….a. uang giral
b. uang kontan
c. uang saham
d. uang kartal
e. uang domestic

2. Lembaga keuangan yang diberi tugas oleh pemerintah untuk mengatur dan mengawasi kegiatan lembaga keuangan dalam perekonomian.adalah ….
a. Bank Indonesia
b. Bank Central
c. Bank Central Asia
d. Bank Mandiri
e. Bank Pembangunan Daerah

3. Perhatikan nama nama bank di bawah ini ....
(1.)Bank Indonesia
(2.)Bank Syariah Mandiri
(3.)Bank Central Asia
(4.)Bank Dunia
Dari nama-nama bank di atas, yang termasuk bank umum adalah ....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 1 dan 3
e. 2 dan 4​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. A. Uang Giral

2. A. Bank Indonesia

3. B. 2 (Bank Syariah Mandiri) dan 3 (Bank Centeal Asia)

Penjelasan:

1. Terdapat 2 jenis uang yang beredar di di Indonesia yaitu uang giral dan uang kartal. Uang giral spesifiknya adalah Uang Giral adalah uang yang dikeluarkan oleh bank umum berupa surat-surat berharga yang memiliki macam sebagaimana yang disebutkan dalam soal.

2. Opsi dari pertanyaan nomor 2 merupakan nama-nama bank umum, sehingga opsi yang paling masuk akal adalah opis Bank Indonesia sebagai bank sentral.

3. Opsi bank Indonesia, seperti yang sudah disebutkan di atas merupakan bank sentral sehingga bukan merupakan bank umum. Sementara bank dunia bertujuan untuk pengurangan kemiskinan. Lembaga ini merupakan lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh novipradipta dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 07 Jul 21