kenapa rapat sangat penting dalam dunia kontemporer adanya tiga faktor

Berikut ini adalah pertanyaan dari karnain123 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

kenapa rapat sangat penting dalam dunia kontemporer adanya tiga faktor yang membuat rapat menjadi sangat penting dalam dunia bisnis kontemporer dan bagaimana menentukan rapat bisnis yang efektif​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Rapat menjadi sangat penting dalam dunia bisnis kontemporer, karena setidaknya ada tiga faktor berikut ini:

  1. Kebutuhan beradaptasi
  2. Kebutuhan koordinasi
  3. Kebutuhan manajemen partisipatif

Ketiga faktor tersebut dikemukakan oleh Curtin, Floyd, dan Winsor (2000: 186). Adapun cara menentukan rapat bisnis kontemporeryang efektif adalah dengan cara menyusun dan mengkaji ulang perencanaanrapat dengan sebaik mungkin.

Pembahasan

Rapat adalah suatu pertemuan yang dihadiri beberapa orang untuk membahas suatu topik tertentu dengan tujuan agar memperoleh keputusan-keputusan. Rapat sangat penting bagi suatu organisasi atau lembaga tertentu, seperti lembaga pemerintahan, perusahaan, instansi pendidikan, organisasi kemasyarakatan, bahkan hingga organisasi-organisasi siswa di sekolah. Dalam pertanyaan di atas, fokus membahas tentang kepentingan rapat dalam dunia bisnis kontemporer.

Ada tiga faktor yang membuat rapat menjadi sangat penting dalam dunia bisnis kontemporer, yaitu:

1. Kebutuhan Beradaptasi

Dunia bisnis kontemporer bukanlah dunia yang statis. Dunia bisnis kontemporer bersifat sangat dinamis. Suatu perusahaan tentu dituntut untuk terus beradaptasi dengan keadaan zaman, perkembangan teknologi, dan sebagainya. Maka dengan demikian, rapat sangat dibutuhkan agar dapat memudahkan perusahaan beradaptasi.

2. Kebutuhan Koordinasi

Perusahaan dalam dunia bisnis kontemporer melibatkan banyak orang di dalamnya. Setiap orang dalam perusahaan memiliki tugas penting masing-masing. Agar semua orang dalam perusahaan tersebut dapat bekerja maksimal, tentu dibutuhkan suatu koordinasi. Maka dengan rapat, kebutuhan akan koordinasi dapat terpenuhi.

3. Kebutuhan Manajemen Partisipatif

Perusahaan bukanlah kerajaan yang hanya dipimpin oleh satu orang dengan kuasa yang absolut. Perusahaan yang baik memerlukan manajemen partisipatif dalam menjalankan roda organisasi perusahaan. Untuk itu, diperlukan adanya rapat agar tercipta lingkungan manajemen partisipatif.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Materi tentang tujuan rapat yomemimo.com/tugas/2498657
  2. Materi tentang pengertian rapat yomemimo.com/tugas/13883371
  3. Materi tentang rapat bisnis yomemimo.com/tugas/40510385

Detail Jawaban

Kelas: S1

Mapel: Ilmu Komunikasi

Bab: Komunikasi Bisnis

Kode: -

#AyoBelajar

#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh haidirali2004 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Feb 22