Jelaskan akun-akun yang ada pada laporan keuangan dan posisi saldo

Berikut ini adalah pertanyaan dari MZuhair pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan akun-akun yang ada pada laporan keuangan dan posisi saldo normalnya (K/D).

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Akun saldo yang ada pada laporan keuangan adalah akun saldo normal aset, akun saldo normal liabilias dan ekuitas, akun saldo normal pendapatan dan biaya, serta akun saldo normal beban.

Pembahasan

Saldo normal adalah sebuah proses akuntansi yang bertujuan untuk memperkirakan jenis akun tertentu yang disebabkan oleh perbedaan saldo debit dan kredit. Beberapa fungsi saldo normal dalam pembukuan akuntansi adalah sebagai berikut:

  • Sebagai aturan dalam mencatat akuntansi.
  • Menentukan dan mencatat saldo debit dan kredit.
  • Mengelompokkan akun riil.

Ada beberapa jenis saldo normal dalam akuntansi. Jenis-jenis saldo tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing akun dan posisi saldo normalnya:

  • Saldo normal aset

Pada setiap akun, jumlah saldo selalu dilakukan ketika membuat laporan keuangan. Dalam kondisi normal, akun akan lebih besar di sisi debit daripada sisi kredit. Hal tersebut disebabkan oleh saldo aset normalnya yang berada di sebelah kiri (debit). Aset tersebut dapat berupa kas, perlengkapan, persediaan barang dagang, dan sebagainya.

  • Saldo normal liabilitas dan ekuitas

Pada kondisi yang normal, akun liabilitas (kewajiban) dan ekuitas (modal) berada di sebelah kanan atau kredit, di mana jumlah kredit lebih tinggi daripada debit. Kewajiban merupakan hutan yang dimiliki oleh suatu perusahaan terhadap pihak lain. Sementara itu, modal adalah kekayaan yang dipakai sebagai penggunaan awal perusahaan.

  • Saldo normal pendapatan dan biaya

Dalam kondisi yang normal, pencatatan pendapatan berada di sebelah kanan atau kredit. Pendapatan tersebut berupa uang yang diterima dari aktivitas penjualan barang maupun jasa. Sementara itu, biaya adalah pengeluaran yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas tersebut.

  • Saldo normal beban

Akun normal beban berada di posisi sebelah kiri atau debit. Beban dalam perusahaan tersebut meliputi segala biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, seperti biaya administrasi, sewa toko, promosi, dan sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian akuntansi yomemimo.com/tugas/136603
  2. Materi tentang saldo awal dan saldo akhir yomemimo.com/tugas/28617009
  3. Materi tentang prinsip akuntansi yomemimo.com/tugas/11204362

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Ekonomi

Bab: 1 - Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Kode: 12.12.1

#TingkatkanPrestasimu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ChristaviaAyunda dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 19 Jul 21