penerimaan dan penawaran menurut ibn khaldun​

Berikut ini adalah pertanyaan dari kusumaputri377 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Penerimaan dan penawaran menurut ibn khaldun​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Menurut Ibnu Khaldun, mekanisme keseimbangan pasar terdapat pada kekuatan permintaan dan penawaran sebagai penentu harga. Ibnu Khaldun berpendapat dan mengemukakan menggunakan teori permintaan dan penawaran untuk menjaga keseimbangan pasar itu sendiri baik dalam lingkup internal dan eksternal. Dapat disimpulkan bahwa harga menurut Ibnu Khaldun adalah penawaran dan permintaan. Jadi apabila permintaan meningkat, maka hargapun akan meningkat. Sebaliknya apabila permintaan menurun, maka harga pun akan menurun. Dalam hal ini kemanfaatanlah yang menggerakkan permintaan.

Beliau juga mengemukakan bahwasanya dalam pengawasan pasar yang paling bertanggung jawab ialah harga, harga menjadi permasalahan utama dalam pasar baik secara kecil maupun besar, maka dari itu keseimbangan pasar dengan cara menekankan harga secara umum dapat membuat pasar menjadi seimbang dan tidak merugikan pihak manapun. Penentuan harga dalam konteks keseimbangan dibagi berdasarkan jenis barang yaitu, barang pokok (primer) dan barang pelengkap (sekunder).

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh naufalauliapr dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 31 Jul 21