Mengapa Sistem Ekonomi Campuran bayak diterapkan di NSB (Negara Dunia

Berikut ini adalah pertanyaan dari ayuyunita0008 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mengapa Sistem Ekonomi Campuran bayak diterapkan di NSB (Negara Dunia Ketiga)? Apakah ada negara Maju yang juga menerapkan Sistem Ekonomi Campuran ini? Berikan penjelasan disertai contohnya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

karena kegiatan ekonomi yang dilakukan berdasar usaha bersama berlandaskan asas kekeluargaan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat di bawah pengawasan dan pengendalian pemerintah.

karena di negara dunia ketiga.tidak menginginkan menggunakan

sistem ekonomi liberal, karena menurut mereka itu terlalu bebas,, sebab di dalam sistem ekonomi ini pemerintah tidak ikut campur dalam ekonomi..

selain itu di sistem liberal, Cenderung terjadi eksploitasi kaum buruh oleh para pemilik modal,

sulitnya melakukan pemerataan pendapatan, muncul monopoli yang dapat merugikan masyarakat, dsb.. yang sering membuat negara berkembang itu tidak tahan dengan sistem ini.

sedangkan kalau menggunakan sistem ekonomi komando atau terpimpin, didalam sistem ini pemerintahlah yang berperan dalam ekonomi di suatu negara,,, sehingga semuanya ditentukan/ditetapkan pemerintah. ini menyebabkan hilangnya kreativitas dari suatu masyarakat. selain itu, Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat

Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memilih sumber daya

Perhatikan bagaimana sistem ekonomi terpusat memecahkan persoalannya

Sistem ekonomi campuran merupakan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi.

Ciri dari sistem ekonomi campuran adalah :

Merupakan gabungan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat

Barang modal dan sumber daya yang vital dikuasai oleh pemerintah

Pemerintah dapat melakukan intervensi dengan membuat peraturan, menetapkan kebijakan fiskal, moneter, membantu dan mengawasi kegiatan swasta.

Peran pemerintah dan sektor swasta berimbang

Penerapan sistem ekonomi campuran akan mengurangi berbagai kelemahan dari sistem ekonomi pasar dan komando dan ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Secara umum saat ini hampir tidak ada negara yang murni melaksanakan sistem ekonomi terpusat maupun pasar, yang ada adalah kecenderungan terhadap ekonomi pasar seperti Amerika, Hongkong, dan negara–negara eropa barat yang berpaham liberal, sementara negara yang pernah menerapkan ekonomi terpusat adalah Kuba, Polandia dan Rusia yang berideologi sosialis atau komunis. Kebanyakan negara-negara menerapkan sistem ekonomi campuran seperti Perancis, Malaysia dan Indonesia.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kenmarvellino18 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 29 Sep 21