Jelaskan ruang lingkup bisnis menurut KBLI

Berikut ini adalah pertanyaan dari dianbeatrix2405 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan ruang lingkup bisnis menurut KBLI

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Ruang Lingkup Bisnis Menurut Klasifikasi Baku Lapangan Usaha di Indonesia (KLBI)
· Klasifikasi merupakan suatu sistem pengelompokan yang digunakan dalam komunikasi ekonomi dan proses statistik yang terdapat di dalamnya. Dalam klasifikasi, seluruh data dikelompokkan ke dalam kelas-kelas yang sehomogen mungkin sesuai kaidah atau standar tertentu yang ditetapkan. KBLI menyediakan satu set kerangka klasifikasi aktivitas ekonomi yang komprehensif di Indonesia agar dapat digunakan untuk penyeragaman pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data statistik menurut aktivitas ekonomi.
Struktur dan Pemberian Kode KBLI 2015
- Kategori Alfabet 21
- Golongan Pokok 2 digit 88
- Golongan 3 digit 240
- Sub golongan 4 digit 520
- Kelompok 5 digit 1573
BISNIS INTERNASIONAL
· Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan Negara yang lain.
· Merupakan keadaan di mana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan Negara lain, perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri. Contoh :
- FDI (Foreign Direct Investment)
- Ekspor
- Lisensi
- Waralaba
- Joint Venture
Evolusi Pemasaran Perusahaan dalam Memasuki Bisnis Internasional
· Pemasaran Domestik : Pemasaran yang fokus untuk pemasaran dalam negeri
· Pemasaran Ekspor : Mendapatkan permintaan dari luar negeri atau sengaja menawarkan produknya ke luar negeri
· Pemasaran Internasional : Bertindak lebih jauh lagi dari sekedar ekspor, terlibat dalam lingkungan negara tempat melakukan bisnis.
· Pemasaran Multi Internasional : Mengandalkan pengalaman dari beberapa negara mereka melakukan bisnis dan mengelompokkan dalam suatu daerah operasi.
· Pemasaran Global : Memfokuskan pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global dan melakukan penyesuaian yang unik yang berbeda dalam setiap negara.
Evolusi Organisasi Perusahaan dalam Memasuki Bisnis Internasional
· Foreign Inquiry (Permintaan Luar Negeri) :mendapatkan pesanan dari luar negeri
· Export Manager : Bertambahnya permintaan dari luar negeri memaksa sebuah perusahaan untuk membuat divisi kecil yang menangani ekspor melalui jasa exporter domestik
· Departemen Ekspor dan Penjualan Langsung : Semua kegiatan ekspor dilakukan oleh perusahaan itu sendiri dengan mendirikan divisi ekspor yang lebih besar.
Bentuk Aktivitas Bisnis
· FDI (Foreign Direct Investment) : adalah investasi secara langsung yang dilakukan oleh perusahaan atau individu di satu negara dalam kepentingan bisnis di negara lain, baik berupa fasilitas operasi bisnis (greenfield investment) atau akuisisi aset perusahaan di negara lain.
· Export (ekspor) : Penjualan produk dari pasar domestik ke pasar asing
· Lisensi (Licensing) : Perjanjian antara pemberi lisensi (licensor) kepada pengguna lisensi (licensee) untuk menggunakan paten, formula, desain dll.
· Waralaba (Franchising) : Perjanjian dengan kontrak antara pemilik franchise / pewaralaba (franchisor) dengan pengguna waralaba (franchisee).
· Usaha Patungan (Joint Venture) : merupakan kerja sama antara dua perusahaan independen atau lebih.

Faktor yang Mendorong Perkembangan Bisnis Internasional
· Market Seeking Motives
· Cost-Reduction Motives
· Strategic Motives

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh salsa578364 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 31 Jan 22