Sebutkan 2 macam mesin pembakaran luar? ​

Berikut ini adalah pertanyaan dari sokertlala pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan 2 macam mesin pembakaran luar? ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Mesin pembakaran luar atau dalam bahasa Inggris disebut external combustion engine (EC engine) adalah mesin panas yang mengandung fluida kerja secara internal, dipanaskan oleh pembakaran di sumber eksternal, melalui dinding mesin atau penukar panas. Fluida kerja kemudian, dengan memperluas dan beraksi pada mekanisme mesin, menghasilkan gerakan dan kerja yang dapat digunakan.[1]

1.Model mesin Stirling, dengan panas eksternal dari lampu spiritus (kanan bawah), diterapkan ke bagian luar silinder pemindah kaca.

2.Mesin Newcomen, pendahulu dari mesin uap, dengan pendidih yang dipanaskan dari bawah.

Fluida kerja kemudian didinginkan, dikompresi dan digunakan kembali (siklus tertutup), atau dibuang (siklus terbuka). Untuk jenis mesin ini, pembakaran terutama digunakan sebagai sumber panas, dan mesin dapat bekerja sama baiknya dengan jenis sumber panas lainnya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh RajwaPintar dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 01 Jul 21